Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Lahir Pancasila: Pesan Bhinneka Tunggal Ika Bergema di Wina

Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni diperingati oleh seluruh warga Indonesia, termasuk yang berada di perwakilan Indonesia di luar negeri, salah satunya di Austria.
Keluarga besar KBRI Wina/Istimewa
Keluarga besar KBRI Wina/Istimewa

Kabar24.com, WINA - Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni diperingati oleh seluruh warga Indonesia, tak hanya oleh mereka yang berada di Tanah Air, namun juga mereka yang berada di perwakilan Indonesia di luar negeri, salah satunya di Kota Wina, Austria.

Untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, KBRI/PTRI Wina menggelar upacara yang dihadiri seluruh pejabat KBRI/PTRI Wina, pengurus Dharma Wanita Persatuan, dan sejumlah masyarakat Indonesia di Kota Wina.

Duta Besar RI untuk Republik Austria dan Republik Slovenia, Darmansjah Djumala, yang bertindak sebagai pemimpin upacara membacakan sambutan Presiden Joko Widodo dalam peringatan pada Kamis (1/6/2017) tersebut.

“Keberagaman merupakan kodrat bangsa Indonesia. Ini terefleksi jelas dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan, dan golongan membentuk ke-Bhinneka Tunggal Ika-an Indonesia berdasarkan Pancasila yang disepakati melalui Piagam Jakarta pada 18 Agustus 1945,” kata Darmansjah.

Disampaikan pula pentingnya masyarakat Indonesia untuk terus menjaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan, serta bahu-membahu demi menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila yakni menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur, dan bermartabat di mata internasional.

Persatuan bangsa menjadi krusial khususnya di tengah kondisi domestik saat ini di mana Indonesia tengah mengalami tantangan dengan hadirnya upaya-upaya sekelompok masyarakat yang ingin merongrong integritas bangsa.

Duta Besar Darmansjah Djumala juga menggarisbawahi bahwa Pemerintah RI akan bertindak tegas terhadap upaya-upaya yang akan mencederai persatuan dan kesatuan nasional.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Austria disambut dengan antusias oleh masyarakat Indonesia yang menyempatkan diri untuk hadir dalam upacara pada pagi hari tersebut.

Meskipun jauh, masyarakat Indonesia di Austria tetap menaruh perhatian besar terhadap perkembangan di Tanah Air dan memiliki komitmen besar untuk dapat terus berkontribusi dalam proses pembangunan nasional dalam kerangka ideologi negara Pancasila dan semangat Bhineka Tunggal Ika.

Berdasarkan data KBRI Wina, jumlah WNI di Austria tercatat 1.196 orang, sebagian besar berdomisili di Wina, sisanya tersebar di beberapa kota lainnya, seperti Graz, Innsbruck, Salzburg, dan Linz.

Dalam kaitan ini, peran KBRI sebagai pengemban misi Pemerintah RI, sangat penting dan strategis, khususnya dalam pembinaan dan penggalangan hubungan masyarakat.

Tidak hanya sebagai pengayom dan pembina, KBRI berperan penting sebagai perekat berbagai kelompok masyarakat Indonesia yang ada di Austria.

Darmansjah menegaskan KBRI Wina berkomitmen untuk terus membingkai keberagamanan masyarakat Indonesia dalam satu bingkai persatuan untuk menghadirkan wajah Indonesia yang utuh di Austria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper