BOM KAMPUNG MELAYU: Inggris & Australia Berlakukan Travel Advice ke Indonesia

Ledakan bom Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada Rabu malam yang menewaskan 5 orang dan melukai 10 lainnya, menjadi perhatian internasional.
Newswire | 25 Mei 2017 15:43 WIB
Warga melihat lokasi ledakan yang diduga bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5) malam. Foto: Antara - Galih Pradipta

Kabar24.com, JAKARTA — Ledakan bom Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada Rabu malam yang menewaskan 5 orang dan melukai 10 lainnya, menjadi perhatian internasional.

Sedikitnya dua negara, Inggris dan Australia, langsung menerbitkan travel advice kepada warga negaranya sedang berada atau hendak bepergian ke Indonesia.

Travel advice ini berada di bawah tingkatan travel warning karena hanya mengimbau warga negaranya agar berhati-hati, dan bukan menyarankan agar tak berkunjung ke Indonesia.

Kementerian Luar Negeri Inggris melalui laman resminya memuat tragedi bom Kampung Melayu lengkap dengan peta Indonesia.

Lewat situs itu, Kemenlu Inggris mengingatkan warganya bahwa ancaman terorisme di Indonesia masih cukup tinggi.

Pemerintah Inggris, mengimbau kepada warganya yang akan atau sedang berada di Indonesia agar tetap waspada, berhati-hati, serta mengikuti arahan otorita setempat.

Selain itu, warga Inggris di Indonesia diminta tak berada di sekitar kawasan Kampung Melayu hinigga aparat Indonesia menyatakan situasi sudah kembali aman.

Kemenlu Inggris melaporkan setiap tahun sekitar 280.000 warga Inggris berkunjung ke Indonesia.

Langkah serupa juga diambil pemerintah Australia yang meminta warganya di Indonesia, terutama Jakarta, tetap waspada dan memantau perkebangan situasi lewat media masa.

Warga Australia juga diminta mengenali lokasi-lokasi di Indonesia yang menjadi target utama teroris sehingga bisa menghindari tempat-tempat itu, untuk menhindari serangan seperti bom Kampung Melayu.

Sumber : Tempo.co

Tag : bom
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top