SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU: Ujian SBMPTN Berjalan Lancar

Pelaksanaannya berlangsung tertib dan lancar, peserta juga datang tepat waktu bahkan banyak yang sudah berdatangan lebih awal sebelum waktu pelaksanaan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 Mei 2017  |  09:58 WIB
SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU: Ujian SBMPTN Berjalan Lancar
Peserta mengerjakan soal ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di Universitas Negeri Jakarta, Selasa (16/5). - Antara/Hafidz Mubarak A

Kabar24.com, JAKARTA - Hari ini para lulusan SMA/sederajat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di sejumlah lokasi.    

Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta yang tergabung dalam pengawas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Panitia Lokal (Panlok 30) mengatakan Pelaksanaan SBMPTN pada hari Selasa 16 Mei 2017 berlangsung tanpa hambatan berarti.

"Pelaksanaannya berlangsung tertib dan lancar, peserta juga datang tepat waktu bahkan banyak yang sudah berdatangan lebih awal sebelum waktu pelaksanaan," ujar pengawas SBMPTN Ilham kepada Antara di Jakarta, Rabu (17/5/2017.

Mahasiswa semester enam tersebut menambahkan para panitia pengawas dituntut profesional dalam mengawasi ujian bahkan harus datang jauh lebih pagi untuk mempersiapkan diri. Bukan hanya peserta, panitia pengawas pun harus menerapkan aturan salah satunya tidak boleh menggunakan handphone ketika berlangsungnya ujian dan juga harus membuat berita acara setelah ujian berlangsung.

Annisa, salah seorang pengawas ujian SBMPTN Panitia Lokal 30 juga berharap para peserta yang nantinya diterima di Universitas Negeri pilihan mereka segera mencari informasi pendaftaran ulang agar dapat mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk daftar ulang dan berharap mereka menjadi mahasiswa yang rajin serta mampu membanggakan Kampus dan Negara.

Untuk Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta diumumkan di halaman web resmi penerimaan mahasiswa baru Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta pada tahun 2017 akan menyelenggarakan ujian mandiri mengacu pada Permenristekdikti Nomor 126 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri yang tercantum pada Pasal 12 (dua belas) ayat 2 (dua) bahwa "Seleksi Mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat".

Pada ujian mandiri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta nanti pelaksanaan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta tidak ada ujian baik berupa Paper Base Test (PBT) maupun Computer Base Test (CBT).

Seleksi didasarkan pada nilai/skor yang diambil dari hasil ujian SBMPTN 2017.

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang disahkan pada Oktober 2014, pada tahun ini melaksanakan ujian SBMPTN untuk yang ke tiga kalinya, untuk masuk di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta Kampus yang memiliki ciri khas Bela Negara dalam setiap pembelajaran akademisnya ini, para calon Mahasiswa bisa melewati setidaknya tiga jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN.

Syarat Ketentuan seleksi SMMPTN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta adalah sebagai berikut : 1. Peserta yang telah mengikuti ujian SBMPTN 2017 (PBT/CBT) tidak diterima.

2. Peserta yang tidak memilih program studi di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta pada ujian SBMPTN 2017 (PBT/CBT) dapat mengikuti seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri UPNVJ 2017.

3. Peserta dapat memilih program studi yang sama atau berbeda dengan pilihan pada ujian SBMPTN 2017 (PBT/CBT) sebelumnya dengan ketentuan sebagai berikut : a. Peserta yang mengikuti ujian pada Kelompok Ujian Saintek hanya dapat memilih Kelompok Program Studi Saintek.

b. Peserta yang mengikuti ujian pada Kelompok Ujian Soshum hanya dapat memilih Kelompok Program Studi Soshum.

c. Peserta yang mengikuti ujian pada Kelompok Ujian Campuran dapat memilih Kelompok Program Studi Saintek atau Soshum.

d. Peserta hanya dapat memilih dua Program Studi dengan Program Studi pilihan satu dan Program Studi pilihan dua yang ada di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta .

4. Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta sebesar Rp. 275.000,00 ( dua ratus tujuh puluh lima ribu rupiah ).

Informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta 2017 akan segera diumumkan di situs resmi Penerimaan Mahasiswa Baru www.penmaru.upnvj.ac.id.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sbmptn

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top