Korut Tembakkan Rudal, Ini Kata Shinzo Abe

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan keputusan Korea Utara yang menguji coba rudal balistik pada pagi tadi, Sabtu (29/4/2017) merupakan ancaman serius bagi Negeri Sakura.
Irene Agustine | 29 April 2017 17:51 WIB
PM Jepang Shinzo Abe - Reuters

Kabar24.com, LONDON – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan keputusan Korea Utara (Korut) yang menguji coba rudal balistik pada pagi tadi, Sabtu (29/4/2017) merupakan ancaman serius bagi  Jepang.

Padahal, masyarakat internasional telah memperingatkan agar Korut menahan diri. Shinzo mengatakan, pihaknya mengutuk serangan tersebut

"Korea Utara hari ini melakukan peluncuran rudal balistik, ini adalah ancaman serius bagi negara kita Ini sama sekali tidak dapat diterima Kami sangat mengutuk tindakan tersebut," katanya di London, dikutip Reuters, Sabtu (29/4/2017).

Korut melakukan uji coba rudal pada Sabtu (29/4/2017) tak lama setelah Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson memperingatkan Dewan Keamanan PBB bahwa kegagalan untuk mengekang program rudal nuklir dan balistik Pyongyang dapat menyebabkan "konsekuensi bencana".

Peluru kendali ini ditembakkan dari sebuah daerah di sebelah utara Pyongyang. Para pejabat AS dan Korea Selatan menyimpulkan uji coba itu gagal sehingga untuk keempatkalinya Korea Utara melakukan uji coba peluru kendali yang gagal sejak Maret lalu.

Uji coba peluru kendali untuk kesekiankalinya ini adalah pembangkangan terhadap tekanan dari AS dan sekutu utama Korea Utara, China.

Sumber : reuters

Tag : nuklir korut
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top