Wapres JK Pompa Semangat Pemuda untuk Berwirausaha

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menceritakan kesamaan dirinya dengan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadiala.
Arys Aditya | 27 April 2017 10:06 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla . - Antara/Sigid Kurniawan

Kabar24.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf  Kalla (JK)  menceritakan kesamaan dirinya dengan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadiala.

Dalam rapat koordinasi nasional Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Kalla menyampaikan dirinya pernah aktif di organisasi kepemudaan Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) sebagai ketua cabang dan ketua senat mahasiswa dan kemudian bertransformasi menjadi pengusaha sukses.

“Pemuda mesti menumbuhkembangkan semangat wirausaha karena pengalaman saya, wirausaha itu yang menyatukan dengan teman-teman saya," kata Kalla seperti dikutip Bisnis.com, Kamis (27/4/2017).

Hal ini dia sebut juga dilakoni oleh Bahlil Lahadalia yang sukses bertansformasi dari aktivis menjadi pengusaha.

Berdasarkan siaran tertulis HIPMI, Bahlil Lahadalia sendiri merupakan sosok pribadi yang memiliki karir yang mirip dengan Wapres Jusuf Kalla, yang sejak kuliah telah bergabung dengan organisasi kemahasiswaan, yakni HMI.

Bahlil yang lahir di Banda, Maluku Utara, juga pernah menjabat sebagai Bendahara Umum PB HMI periode 2001-2003. Pada 2003, setelah tidak lagi menjabat sebagai Bendahara Umum PB HMI, Bahlil mendirikan sebuah perusahaan konsultan keuangan.

Bahlil kemudian mendirikan perusahaan di bawah bendera Bersama Papua Unggul (BPU) meliputi konsultan keuangan, kontraktor lalu perkebunan kelapa sawit dan pertambangan.

Kini, pria kelahiran 7 Agustus 1976 itu dikenal sebagai pengusaha muda melalui perusahaannya, PT Rifa Capital telah menjadi holding dari 10 perusahan lain miliknya di antaranya PT Ganda Nusantara (shipping), PT Pandu Selaras (gold mining), dan PT MAP Surveilance yang bergerak di pertambangan nikel.

Adapun, dalam kesempatan tersebut Wapres Kalla juga meminta pengurus KNPI nantinya akan lahir wirausahawan muda dan fokus dengan usaha.

"Kalau urusan politik itu urusan kedua,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Sulawesi Utara Jackson Kumaat mengungkapkan, akan ada pelatihan-pelatihan kewirausahaan, khususnya bagi pemuda.

“KNPI Sulut berencana menggelar pelatihan kewirausahaan untuk pemuda sehingga KNPI bisa menjadi penggerak lahirnya banyak wirausaha muda,” kata Jackson.

 

Tag : jusuf kalla
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top