Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unpad Sediakan Bus Gratis Khusus Mahasiswa

Untuk memudahkan transportasi dari Kampur Dipati Ukur ke Kampus Jatinangor di Sumedang, Universitas Padjadjaran menyediakan angkutan gratis bagi mahasiswanya.
Universitas Padjajaran/unpad.ac.id
Universitas Padjajaran/unpad.ac.id

Kabar24.com, BANDUNG - Untuk memudahkan transportasi dari Kampur Dipati Ukur ke Kampus Jatinangor di Sumedang, Universitas Padjadjaran menyediakan angkutan gratis bagi mahasiswanya.

Penyediaan angkutan gratis khusus mahasiswa tersebut berlangsung mulai 4 April 2017.

"Angkutan ini disediakan guna menunjang mobilitas mahasiswa dari dan menuju Kampus Dipati Ukur maupun Jatinangor," kata Direktur Sarana dan Prasarana Unpad Dr Irwan Ary Dharmawan, dalam siaran pers Biro Humas dan Protokoler Unpad, Jumat (7/4/2017).

Irwan mengatakan, penyediaan angkutan gratis ini merupakan hasil kesepakatan diskusi antara pihak Unpad melalui Direktorat Sarana dan Prasarana dengan mahasiswa melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema Unpad.

"Sebetulnya ini sudah diprogramkan pimpinan kita sudah lama. Kemudian sebulan kemarin kita intens komunikasikan bersama BEM," ujar dia.

Menurut dia, bekerja sama dengan Perum DAMRI, sebanyak dua unit bus disediakan untuk mewujudkan rencana tersebut dan satu unit bus memiliki kapasitas 54 tempat duduk dan dapat menampung hingga 90 mahasiswa.

"Dari dua unit bus yang disediakan, satu unit digunakan untuk perjalanan Kampus Dipati Ukur menuju Jatinangor, sedangkan satu unit lagi untuk perjalanan dari Kampus Jatinangor menuju Dipati Ukur," katanya.

Ia menuturkan secara teknis, seluruh mahasiswa berhak naik bus dengan memperlihatkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan upaya memperlihatkan KTM ini guna memfilter penumpang yang naik ke bus adalah benar mahasiswa Unpad.

"Proses  ini merupakan hasil kesepakatan dengan perwakilan BEM," kata dia.

Adapun waktu keberangkatan bus ditentukan pada pukul 06.00 WIB dan 17.00 WIB untuk rute Dipati Ukur-Jatinangor, serta pukul 06.00 WIB dan 16.00 WIB (Senin-Selasa), 13.00 WIB dan 16.00 WIB (Rabu-Jumat) untuk rute Jatinangor-Dipati Ukur.

Bus akan beroperasi setiap Senin hingga Jumat dan untuk bus ke Jatinangor akan mengelilingi fakultas yang ada di kampus Jatinangor.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, rute perjalanan bus akan melewati fly over Pasupati-Jalan Dr. Djunjunan-Tol Pasteur-Tol Purbaleunyi dan sebaliknya. Selama perjalanan, bus juga tidak diperkenankan menaikturunkan penumpang.

"Ini berdasarkan kesepakatan mahasiswa, tujuannya agar waktu tempuh dapat lebih cepat," kata dia.

Selama sebulan, pihaknya akan memantau pelaksanaan bus gratis ini. Pihak Rektorat akan mengevaluasi sejauh mana program ini dapat dimanfaatkan mahasiswa atau tidak.

"Jika memang tingkat okupansi dan keefektifannya tinggi, bukan tidak mungkin ke depan akan kita tambah armada maupun jadwal keberangkatan," ujarnya.Ia juga mengimbau mahasiswa dapat menjaga kebersihan dan ketertiban di dalam bus selama perjalanan.

Sebelumnya, kerja sama Unpad dengan Perum DAMRI telah dilakukan terkait penyediaan bus khusus dosen dan karyawan.

Setiap harinya, bus melayani 3 rute keberangkatan, yaitu Dipati Ukur-Cicaheum-Cibiru-Jatinangor dan sebaliknya, Dipati Ukur-Kiaracondong-Soekarno Hatta-Cibiru-Jatinangor dan sebaliknya, serta Terminal Elang-Soekarno Hatta-Tol Moh. Toha-Tol Padaleunyi-Jatinangor dan sebaliknya.

Setiap hari kerja, bus berangkat pada pukul 06.00 WIB dari Dipati Ukur dan Terminal Elang, serta kembali berangkat pukul 16.00 WIB dari kampus Jatinangor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper