Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Syarat agar Suatu Desa Bisa Maju

Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) menyadari kemajuan suatu daerah membutuhkan kreativitas dan pemberdayaan masyarakat di semua sektor, terutama di pedesaaan.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 31 Maret 2017  |  12:16 WIB
Nelayan (kanan) memperbaiki jaring di halaman rumahnya di desa Singaraja, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (23/2). - Antara/Dedhez Anggara
Nelayan (kanan) memperbaiki jaring di halaman rumahnya di desa Singaraja, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (23/2). - Antara/Dedhez Anggara

Kabar24.com, MATARAM - Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) menyadari kemajuan suatu daerah membutuhkan kreativitas dan pemberdayaan masyarakat di semua sektor, terutama di pedesaaan.

NTB, yang sebagian besar masyarakatnya bermukim di desa, diharapkan dapat mendorong masyarakatnya untuk memanfaatkan inovasi dengan sebaik-baiknya guna percepatan pembangunan.

Gubernur NTB TGH Zainul Majdi mengatakan, desa inovatif adalah identik dengan tempat yang indah dan baik, tempat berkontribusi menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dan mampu menularkan nilai-nilai baik bagi daerah lainnya.

"Yang menarik inovasi ini memberi solusi bukan dengan biaya tinggi, bukan sesuatu yang rumit, namun hadir secara kontekstual menyelesaikan persoalan masing-masing sesuai karakter persoalan yang dihadapinya," ujar Majdi di Mataram, Jumat (31/3/2017).

Menurut dia, desa inovatif dinilai dapat membuka mata masyarakat setempat, bahwa ternyata di desa banyak melahirkan karya karya baik teknologi, baik sistem maupun tata cara yang memudahkan kehidupan masyarakat.

"Ternyata di balik itu semua ada nilai baik, ada karya luar biasa yang orang kota mungkin bisa banyak belajar ke desa. Kalau sekarang urbanisasi terjadi banyak warga desa datang mencari pekerjaan dan pindah bermukim di kota, suatu saat nanti dengan pengembangan desa inovasi ini akan banyak orang kota datang ke desa menimba ilmu mencari hal hal baru yg memberi inspirasi dan pengetahuan bagi hidup mereka," ujar Majdi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ntb
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top