Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga TBS di Mukomuko Naik

Harga tandan buah segar kelapa sawit di sejumlah pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak dua hari ini naik dibandingkan dengan sebelumnya.
Buah kelapa sawit/Antara
Buah kelapa sawit/Antara

Bisnis.com, MUKOMUKO -  Harga tandan buah segar kelapa sawit di sejumlah pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak dua hari ini naik dibandingkan dengan sebelumnya.

"Harga sawit naik sebesar Rp20-Rp25 per kg di dua pabrik di daerah ini, yakni di PT Bumi Mentari Karya (BMK) dan PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA)," kata Kasi Budi Daya Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudianto, di Mukomuko, Selasa (28/3/2017).

Ia menyebutkan harga sawit di pabrik PT BMK naik dari sebesar Rp1.590 menjadi Rp1.610 per kg dan PT SSJA naik dari sebesar Rp1.460 menjadi Rp1.485 per kg.

Sedangkan harga sawit di enam pabrik di daerah itu dalam sebulan bertahan, yakni PT SAP Rp1.580 per kg, PT AMK sebesar Rp1.570 per kg, pabrik PT MMIL Rp1.560 per kg, PT KAS Rp1.560 per kg, PT DDP Desa Lubuk Bento, dan PT DDP Kecamatan Ipuh Rp1.560 per kg.

Ia menyatakan mayoritas pabrik di daerah itu membeli TBS kelapa sawit petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga ketetapan tim perumus harga komoditi perkebunan tersebut.

Pemerintah Provinsi Bengkulu menetapkan harga TBS sawit di tingkat pabrik di daerah itu Rp1.497 per kg.

Ia berharap, harga sawit di pabrik di daerah itu tetap bertahan tinggi diatas Rp1.500 per kg agar ekonomi masyarakat di daerah itu meningkat.

Selain itu, katanya, harga penetapan dari pemerintah lebih tinggi. Sehingga dapat menjadi pedoman bagi pabrik untuk mengikuti harga tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper