Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Koin Emas Senilai US$4 Juta Hilang Dari Museum Berlin

Koin emas Kanada bernama "Big Maple Leaf", bergambar Ratu Elizabeth II dicuri dari Museum Bode di Berlin, Senin (27/3) waktu setempat. "Koin dicuri kemarin malam, hilang," kata juru bicara museum, Markus Farr, dikutip dari Reuters.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Maret 2017  |  14:59 WIB

Bisnis.com, BERLIN - Koin emas Kanada bernama "Big Maple Leaf", bergambar Ratu Elizabeth II dicuri dari Museum Bode di Berlin, Senin (27/3) waktu setempat. "Koin dicuri kemarin malam, hilang," kata juru bicara museum, Markus Farr, dikutip dari Reuters.

Koin yang terbuat dari emas murni itu berbobot sekitar 100 kilogram, angka nominal US$1 juta di koin tersebut. Tetapi, bila dinilai dari kemurnian material yang digunakan, koin itu ditaksir bernilai US$4 juta.

Menurut keterangan museum di website, koin tersebut dikeluarkan oleh Royal Canadian Mint pada 2007. Koin itu masuk Guinness Book of Records karena tingkat kemurnian "tidak tertandingi".

Koin berdiameter 53 centimeter setebal 3 centimeter itu dipinjamkan ke Museum Bode pada Desember 2010. Menurut polisi, koin itu mungkin dicuri segerombolan maling yang masuk ke museum melalui jendela dengan menggunakan tangga.

"Berdasarkan informasi yang kami peroleh sejauh ini, kami yakin pencuri masuk dari jendela belakang museum, seberang rel kereta," kata juru bicara kepolisan Winfrid Wenzel. "Koin itu dilindungi kaca antipeluru di dalam gedung. Itu informasi yang bisa saya berikan," kata Wenzel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emas berlin

Sumber : antara

Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top