EARTH HOUR 2017: Sudirman Thamrin Gelap Gulita

Ruas Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu malam, gelap saat pelaksanaan "Earth Hour" 2017 yang dimulai sejak pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.
Newswire | 25 Maret 2017 23:18 WIB
Earth Hour - irishinbritain

Kabar24.com, JAKARTA - Ruas Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu malam, gelap saat pelaksanaan "Earth Hour" 2017 yang dimulai sejak pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.

Berdasarkan pantauan di sepanjang jalan tersebut saat pelaksanaan Earth Hour, seluruh lampu jalan dimatikan sehingga tampak lebih gelap. Tidak hanya Bundaran Hotel Indonesia, Patung Selamat Datang, Patung Arjuna Wijaya dan Monas yang tampak gelap, Sejumlah gedung dan kantor pemerintahan seperti Plaza BCA, Hotel Indonesia Kempinski dan Balai Kota DKI Jakarta, Danareksa juga tampak gelap.

Sebelumnya Media Relations Officer WWF Indonesia Anastasia Joanita mengatakan pusat aksi mematikan lampu serentak pada Earth Hour 2017 di Indonesia dilakukan di Kota Makassar. Namun demikian, gerakan simbolis untuk meningkatkan kesadartahuan publik mengenai isu perubahan iklim dan isu lingkungan lainnya ini dilaksanakan di 35 provinsi.

Tahun 2017 adalah kali ke-9 kali Indonesia merayakan Earth Hour, bergabung dengan komunitas global bersama 178 negara dan lebih dari 7.000 kota lainnya di dunia. Selama satu jam lampu penerangan pada berbagai ikon kota akan dimatikan, antara lain Tugu Monas, Masjid Baiturrahman di Banda Aceh, Candi Prambanan di Yogyakarta, Benteng Rotterdam di Makassar dan banyak lagi.

"Shine A Light On Climate Action" menjadi slogan Earth Hour 2017, karena itu WWF mengajak individu, komunitas, media massa, praktisi bisnis, dan pemerintah untuk ikut gerakan #SejutaAksi.

Gerakan ini juga mengajak semua orang melakukan aksi mengurangi penggunaan kantung plastik dan menggantinya dengan tas belanja yang dibuat dengan memanfaatkan kaos bekas yang akan diubah menjadi tas belanja, dan akan dibagikan di pasar-pasar tradisional dan "supermarket" atau pasar swalayan. WWF-Indonesia menggelar gerakan #SejutaAksi pada 25 Maret 2017 di pusat perbelanjaan Central Park dan Neo Soho, Benton Junction Lippo Karawaci, Hotel Sultan Jakarta.

Sedangkan aksi yang lain juga akan digelar si Hotel Shangri-La Jakarta pada 26 Maret 2017. Aksi memastikan Earth Hour juga dilakukan oleh pemerintah kota, antara lain Wali Kota Bogor Bima Arya yang akan menyampaikan komitmennya untuk menerapkan "eco-office" di seluruh kantor Pemerintah Kota Bogor. Sementara Kota Makassar berkomitmen menyelenggarakan "car free night" di kawasan Pantai Losari.

Sumber : Antara

Tag : earth hour
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top