PILGUB JABAR 2018: Calon dari Nasdem, Ini Tiga Syarat Ridwan Kamil

Pencalonan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil oleh Partai Nasdem sebagai calon gubernur Jabar 2019-2023 bukan tanpa syarat. Tidak ada makan siang gratis. Setidaknya, ada tiga hal yang harus siap dipenuhi oleh Kang Emil --panggilan akrabnya-- jika menjadi gubernur defintif.
Newswire | 19 Maret 2017 16:44 WIB
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil (tengah) mengamati lukisan Presiden Soekarno saat mengunjungi Perpustakaan Nasional Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Rabu (8/3). - Antara/Irfan Anshori

Bisnis.com, BANDUNG - Pencalonan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil oleh Partai Nasdem sebagai calon gubernur Jabar 2019-2023 bukan tanpa syarat. Tidak ada makan siang gratis. Setidaknya, ada tiga hal yang harus siap dipenuhi oleh Kang Emil --panggilan akrabnya-- jika menjadi gubernur defintif.

Partai NasDem dan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil menyepakati tiga syarat terkait pendeklarasian Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur Jawa Barat 2018-2023 oleh partai tersebut, di Monumen Bandung Lautan Api Lapangan Tegalega Kota Bandung, Minggu (19/3/2017).

"Ada kesepakatan yang telah terjadi antara Ketua Umum Partai NasDem dengan Ridwan Kamil, untuk itu deklarasi hari ini dilaksanakan," kata Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh, saat memberikan sambutan dalam deklarasi tersebut.

Ia mengatakan syarat yang pertama ialah apabila rakyat telah memberikan amanah dan menempatkan Ridwan Kamil sebagai gubernur definitif Jawa Barat maka dalam melaskanakan fungsi, peran dan tugas jabatan yang diembannya maka Ridwan Kamil harus menjadikan Jawa Barat sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat.

"Dengan menjadi benteng Pancasila maka semangat kemajemukan dan pluralisme harus tetap terjaga dalam keseharian. Ini artinya sistem dan ideologi bangsa kita yakni Pancasila merupakan kekuatan yang harus tetap terjaga dan tidak bisa digoyahkan oleh kekuatan apapun," kata dia.

Syarat yang kedua, kata Surya Paloh, adalah ketika memenangi dan duduk menjadi pimpinan daerah Jawa Barat maka Ridwan Kamil harus menjadi milik seluruh masyarakat Jawa Barat dan seluruh parpol yang ada.

"Dengan dmeikian saya meminta kepada Ridwan Kamil untuk tidak bergabung dengan parpol apapun, termasul Partai NasDem," kata dia.

Menurut dia, permintaan agar Ridwan Kamil tidak masuk menjadi anggota parpol dilakukan agar yang bersangkutan bisa menjalankan amanah dan sumpah jabatannya lebih fokus bagi masyarakat Jawa Barat.

Syarat yang ketiga ialah Ridwan Kamil harus mampu mengkonsolidasikan roda pemerintahan Jawa Barat di bawah dirinya dengan harapan bisa membawa peran serta masyarakatnya dalam memahami arti pembangunan nasional dan mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo yang sedang berupaya mempercepat proses pembangunan serta persiapan Pemilihan Presiden 2019.

"Inilah tiga syarat yang ditetapkan NasDem kepada Ridwan Kamil dan telah terjadi kesepakatan antara Ridwan Kamil dan saya sehingga deklarasi hari ini dilaksanakan," kata Surya Paloh.

Sumber : ANTARA

Tag : ridwan kamil, Pilgub Jabar 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top