Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhan Apresiasi Australia Soal Insiden Sekolah Bahasa Australia

Menteri Pertahanan RI dengan Menhan Australia kembali bertemu dalam forum Defence Ministers Meeting. Forum tersebut merupakan pertemuan reguler kedua Menteri Pertahanan setiap tahun.
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu/Antara
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu/Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Menteri Pertahanan RI dengan Menhan Australia kembali bertemu dalam forum Defence Ministers’ Meeting. Forum tersebut merupakan pertemuan reguler kedua Menteri Pertahanan setiap tahun.

Pertemuan dilaksanakan di Fleet Base East Garden Island di kota Sydney, Australia pada tanggal 16 Maret 2017. Dalam pertemuan ini, hadir dari pihak Indonesia Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu, Kasum TNI, Dirjen Strahan Kemhan, Direktur D Bais TNI dan Atase Pertahanan RI di Canberra.

Sedangkan dari pihak Australia hadir Menhan Marise Payne, Sekjen Dephan dan Panglima Angkatan Bersenjata Australia. Pada pertemuan kali ini, kedua Menteri Pertahanan telah membahas kerja sama bilateral dan dinamika keamanan regional.

Pembahasan dalam kerja sama bilateral meliputi kerja sama maritim, kerjasama industri pertahanan dan kerja sama ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan pada pembahasan dinamika keamaman regional, kedua Menhan saling bertukar pandangan mengenai keamanan di wilayah Pasifik Selatan, rencana kerja RI dan Australia dalam kerangka ADMM Plus bidang operasi perdamaian serta isu-isu mengenai keberadaan Amerika Serikat di wilayah Australia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (16/3/2017), Menhan RI mengapresiasi penyelesaian pihak Australia terkait insiden di sekolah bahasa Australia pada bulan November 2016 yang lalu yang berakibat terhentinya kerjasama militer antara TNI dan Angkatan Bersenjata Australia selama kurang lebih dua bulan.

Ryamizard menyampaikan rasa bahagia atas dibukanya kembali kerja sama militer kedua negara. Pada agenda mengenai kerja sama keamanan maritim, Menhan RI menyampaikan kebijakan maritim Indonesia yang terkait dengan Poros Maritim Dunia, peran Indonesia dalam IORA serta memberikan informasi mengenai perkembangan kerja sama Trilateral di kawasan Laut Sulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper