Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Okupansi Hotel di Sulut Tak Merata

Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) menilai tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel di Sulawesi Utara tidak merata kendati tren kunjungan pelancong domestik dan mancanegara meningkat.
Hotel Premier Inn/Istimewa
Hotel Premier Inn/Istimewa

Bisnis.com, MANADO - Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) menilai tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel di Sulawesi Utara tidak merata kendati tren kunjungan pelancong domestik dan mancanegara meningkat.

Oleh karena itu, PHRI menilai pasokan kamar hotel di serambi wilayah Utara Indonesia itu diestimasi masih cukup untuk memenuhi permintaan.

Johny Lieke, Ketua PHRI Sulawesi Utara, mengakui arus muhibah ke Bumi Nyiur Melambai memang deras dalam satu tahun terakhir. Namun, kunjungan wisatawan, terutama dari turis asing didominasi paket kunjungan dalam jumlah besar yang dikelola beberapa perusahaan.

"Ada hotel-hotel yang justru tidak terisi, masih banyak yang kosong. Harusnya waktu mereka jual [paket liburan] di China itu hotelnya dibagi-bagi," jelas Johny kepada Bisnis, Senin.com, (27/2/2017).

Sepanjang 2016, jumlah kunjungan turis asing mencapai 48.288 orang. Sementara itu, kunjungan turis domestik sepanjang tahun lalu tercatat 1,48 juta atau tumbuh 38,64% secara tahunan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, kunjungan wisatawan melalui Bandara Sam Ratulangi tumbuh 108,7% menjadi 40.624 orang. Pertumbuhn tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan 18 pintu masuk lainnya. Rata-rata kunjungan turis asing di 19 pintu masuk tumbuh 11,41% menjadi 10,57 juta.

Untuk diketahui,Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tahun ini menargetkan kunjungan turis asing sebanyak satu juta pelancong. Kunjungan terutama akan ditopang sedikitnya 81 penerbangan carter langsung dari China ke Manado.

Di sisi lain, tingkat okupansi kamar hotel berbintang di Sulawesi Utara pada Desember 2016 mencapai 63,38%, lebih tinggi dibandingkan rata-rata okupansi nasional sebesar 56,50%.

Jumlah kamar hotel berbintang di Sulut pada 2015 mencapai 29 hotel dengan kapasitas kamar mencapai 2.757. Adapun, jumlah kamar nonbintang mencapai 207 hotel dengan jumlah kamar 3.656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper