Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Wisatawan Domestik ke Taman Rekreasi Mulai Naik

Kunjungan wisatawan di sejumlah taman rekreasi di Bali diperkirakan akan meningkat menjelang akhir tahun ini yang disebabkan oleh libur Natal dan Tahun Baru bertepatan dengan libur sekolah.
Tanah Lot di Bali/Istimewa
Tanah Lot di Bali/Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR--Kunjungan wisatawan di sejumlah taman rekreasi di Bali diperkirakan akan meningkat menjelang akhir tahun ini yang disebabkan oleh libur Natal dan Tahun Baru bertepatan dengan libur sekolah.

Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) Bali, I Ketut Nuryasa, mengungkapkan sejak pertengahan Desember 2016 telah terjadi peningkatan kunjungan siswa sekolah di taman rekreasi yang mencapai 20% untuk destinasi wisata yang dikelola desa adat dan meningkat 30% untuk taman rekreasi yang dikelola swasta dibandingkan dengan hari-hari biasa.
 
“Destinasi wisata Tanah Lot, Monkey Forest, dan Uluwatu yang dikelola desa adat merupakan destinasi favorit dikunjungi wisatawan domestik saat libur sekolah. Sebelum menjelang liburan, taman rekreasi yang dikelola desa adat juga sudah memahami dan mempersiapkan berbagai hal dalam menghadapi keramaian, khususnya tempat parkir, keamanan, serta kenyamanan pengunjung,” tuturnya di Denpasar, Selasa (20/12/2016).
 
Sedangkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) belum signifikan karena wisman tersebut baru berdatangan ke Bali mendekati hari raya Natal dan setelah tahun baru.
 
“Saat ini memang baru ada peningkatan pada wisatawan domestik saja, sedangkan untuk wisman kami memperkirakan baru mulai datang ke Bali mendekati hari raya Natal atau setelah 20 Desember 2016. Kemudian akan meningkat lagi kunjungan wisman setelah tahun baru yaitu pada 2 Januari 2017 atau 3 Januari 2017 karena saat perayaan tahun baru mereka [wisman] konsentrasi di negara mereka,” paparnya.
 
Pihaknya pun telah mengimbau pengelola taman rekreasi untuk meningkatkan kewaspadaan, kebersihan, serta keamanan bagi wisatawan.
 
“Keamanan dan kenyamanan sebuah destinasi itu menjadi kesan atau citra baik dimata para pengunjung karena apa yang dialami dan dirasakan wisatawan saat berkunjung ke taman rekreasi di Bali akan menjadi image serta pengalaman yang akan dibawanya ketika kembali ke tempat asal mereka,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper