Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

90% Madrasah di Indonesia Diklaim Berakreditasi A dan B

Sebanyak 90,1 % sekolah dan mandrasah memperoleh akreditasi A dan B sehubungan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) mengakreditasi sebanyak 51.013 sekolah dan madrasah sepanjang 2016.
Siswa Madrasah Aliyah Negeri berdoa bersama menjelang pelaksanaan Ujian Nasional/Antara
Siswa Madrasah Aliyah Negeri berdoa bersama menjelang pelaksanaan Ujian Nasional/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 90,1 % sekolah dan mandrasah memperoleh akreditasi A dan B sehubungan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) mengakreditasi sebanyak 51.013 sekolah dan madrasah sepanjang 2016.

Dari jumlah tersebut sebanyak 20.271 sekolah dan madrasah mendapatkan akreditasi A pada 2016, sedangkan akreditasi B diperoleh oleh 26.117 sekolah dan madrasah. Selebihnya, 4.321 sekolah/madrasah mendapatkan akreditasi C, dan 304 sekolah/madrasah tidak terakreditasi.

Dikutip dari kemdikbud.go.id, Rabu (14/12/2016), Kepala BAN S/M Abdul Muti mengatakan pemerintah harus terus meningkatkan standar mutu masing-masing jenjang pendidikan.

Dengan demikian, pada akhirnya semua satuan pendidikan di Indonesia memiliki kualitas yang sama. Akreditasi satuan pendidikan juga berkaitan dengan ujian nasional (UN), karena masih banyak sekolah yang belum terakreditasi A atau B.

“Kalau melihat Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu UU No. 20/2003, evaluasi belajar dilakukan oleh guru. Yang menjadi penilai hasil belajar adalah guru, sedangkan negara melakukan penilaian terhadap pemenuhan standar nasional pendidikan melalui ketentuan akreditasi,” katanya.

Abdul Muti menuturkan peran pemerintah dalam mengalokasikan anggaran untuk akreditasi harus terus ditingkatkan, terutama di tingkat pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

Menurut data empirik BAN S/M, saat ini peran pemerintah daerah masih sekitar 15% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dianggarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk akreditasi satuan pendidikan.

Pada 2017, BAN S/M menargetkan akan mengakreditasi sebanyak 30.000 sekolah/madrasah dari anggaran Kemendikbud. “Kami sangat berharap akan ada tambahan kuota baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper