Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inteligensi Embun Pagi & A Thousand Miles In Broken Slippers Raih API 2016

Buku A Thousand Miles In Broken Slippers yang ditulis Rosi L. Simamora memborong penghargaan Anugerah Pembaca Indonesia (API) 2016.
Leo Consul/World News
Leo Consul/World News

Bisnis.com, JAKARTA - Buku A Thousand Miles In Broken Slippers yang ditulis Rosi L. Simamora memborong penghargaan Anugerah Pembaca Indonesia (API) 2016.

Buku yang berkisah tentang perjuangan Leo Consul, penyanyi dan presenter asal Filipina, itu menjadi Buku Nonfiksi Terfavorit dan Pewajah Sampul Buku Nonfiksi Terfavorit di Anugerah Pembaca Indonesia 2016.

Pemberian penghargaan API 2016 merupakan penutup rangkaian kegiatan Festival Pembaca Indonesia yang diselenggarakan GoodReads Indonesia pada 10-11 Desember 2016 di Museum Nasional, Jakarta. Ajang tahunan ini telah memasuki usia ke-7 sejak diselenggarakan pada 2010.

"Buku ini ditulis begitu kilat. Hanya dengan tiga kali wawancara, 11 hari menulis, satu minggu editing. Dalam satu bulan sudah menghasilkan buku ini," tutur Rosi saat menerima penghargaan.

Sang tokoh utama Leo Consul mengaku senang jika kisah hidupnya yang tertuang dalam buku ini dapat menginspirasi orang lain. "Pada 1995 di Filipina, saya sedang mencuci lantai bis, memakan makanan sisa. Saya menggugat, kenapa hidup saya seperti ini? Namun, di 2016, saya menemukan jawabannya dan senang bisa menginspirasi orang lain," imbuhnya.

Sementara itu, buku Inteligensi Embun Pagi karya Dee Lestari meraih anugerah tersebut dalam kategori penulis dan buku fiksi terfavorit. Ini kemenangan kedua kalinya setelah tahun lalu buku Gelombang meraih penghargaan yang sama untuk kategori yang sama.

"Ini menjadi hadiah penutup tahun yang sangat manis dari perjalanan 15 tahun Supernova," tutur Dee Lestari ketika menerima penghargaan.

Penulis yang juga penyanyi ini mengucap banyak terima kasih atas kemenangan buku penulis dan buku favorit di API 2016. Apalagi, penghargaan ini merupakan ajang yang sepenuhnya dihasilkan dari pembaca.

"Bagi penulis serial, hadiah terbesar adalah ketika serialnya telah selesai. Inteligensi Embun Pagi adalah buku penutup dari serial Supernova," ujarnya.

Berikut pemenang API 2016:

Penulis dan Buku Fiksi Favorit: Inteligensi Embun Pagi karya Dee Lestari 
Pewajah Sampul Buku Fiksi: Ika Natassa untuk novel The Architecture of Love 
Pewajah Sampul Buku Non Fiksi: Itjuk Rahayu untuk buku A Thousand Miles In Broken Slippers
Penulis dan Buku Non Fiksi: A Thousand Miles In Broken Slippers karya Rosi L Simamora
Pewajah Sampul Buku Puisi: Muhammad Taufiq untuk Tidak Ada New York Hari Ini
Pewajah Sampul Novel dan Komik: Sweta Kartika untuk Grey dan Jingga 
Penulis dan Buku Ilustrasi/Komik/Novel Grafis: Faza Meonk untuk Si Juki
Penulis dan Buku Puisi: Tidak Ada New York Hari Ini karya M Aan Mansyur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper