Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FESTIVAL PEMBACA INDONESIA: Ajang Berbagi untuk Sesama Pembaca

Festival Pembaca Indonesia menjadi salah satu ajang bagi para pembaca buku untuk berbagi kepada masyarakat di pelosok yang sulit memperkenalkan buku.
Bisnis.com,JAKARTA--Festival Pembaca Indonesia menjadi salah satu ajang bagi para pembaca buku untuk berbagi kepada masyarakat di pelosok yang sulit memperkenalkan buku.
 
Pengarah festival sekaligus moderator goodreads Indonesia Harun Harahap mengatakan lewat kegiatan bookswap, buku yang ditukar oleh para pembaca akan diberikan kepada masyarakat di pelosok yang memerlukan bantuan.
 
"Kalau ada buku yang kita punya nanti kita kumpulkan. Seperti ke Ambon atau Sinabung seperti yang kami lakukan kemarin. Dapat bukunya itu salah satunya dari kegiatan bookswap ini. Setelah ada sisa nanti kita kirim," katanya saat ditemui Bisnis.com, Sabtu (6/12/2014).
 
Bookswap sendiri adalah kegiatan menukarkan buku. Pengunjung bisa menukarkan buku lamanya dengan buku yang tersedia di area bookswap.
 
Buku yang tersedia di area itu sendiri merupakan kumpulan buku baru atau lama dari para sukarelawan atau pengunjung lainnya. Namun, tidak semua buku bisa ditukarkan, seperti buku pelajaran atau buku tulis.
 
Selain bookswap, di area yang sama akan dilakukan bookwar yang dilakukan pada jam-jam tertentu dengan keterbatasan waktu. Spesialnya, dalam bookwar buku-buku yang dapat ditukarkan oleh pengunjung adalah beberapa buku keluaran baru atau edisi spesial yang dinilai bagus atau bestseller.
 
Menurutnya, berbagi kepada sesama ini sangat penting karena dia menilai minat membaca orang Indonesia sudah baik namun masih banyak yang terkendala akses untuk memperoleh buku tersebut.
 
Harun mengatakan selain untuk berbagi kepada sesama, bookswap atau bookwar juga membantu para pembaca untuk menemukan buku yang sesuai dengan minatnya tanpa perlu membeli.
 
"Sebenarnya bookswap itu awalnya kayak buku itu jodoh-jodohan sama pembacanya. Mungkin sama saya nggak jodoh tapi sama lain itu jodoh. Karena nggak mampu beli bisa tukar," ujarnya.
 
Festival Pembaca Indonesia sendiri merupakan kegiatan rutin yang diadakan Goodreads Indonesia tiap tahunnya.
 
Kegiatan yang disajikan diantaranya adalah stand koleksi buku dan komunitas, talkshow, bios lop baca, workshop, bookswap dan bookwar, Potok anak, dan amazing race.
 
Acara ini berlangsung selama dua hari, yaitu Sabtu-Minggu (6-7/12/2014) di Museum Nasional, Jakarta, sejak pukul 09.00-16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihda Fadila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper