Orang Miskin di NTB Sebanyak 16%

Nusa Tenggara Barat termasuk salah satu daerah dengan tingkat kemiskinan di atas rata-rata nasional.
Eka Chandra Septarini | 02 Desember 2016 12:43 WIB
Warga miskin - Jibiphoto

Kabar24.com, MATARAM - Nusa Tenggara Barat termasuk salah satu daerah dengan tingkat kemiskinan di atas rata-rata nasional.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Zainul Madji di Mataram, Kamis (1/12/2016).

"Meski progres kinerja dalam penurunan angka miskin termasuk terbaik, namun faktanya pada 2016 angka miskin di NTB masih di atas 16%," ujar Madji.

Lebih lanjut, dari identifikasi yang telah dilakukan ada empat kelompok masyarakat di NTB  yang paling banyak menyumbang angka kemiskinan yaitu masyarakat miskin kota, masyarakat lingkar hutan, masyarakat pesisir, dan buruh tani.

Madji menyayangkan kondisi masyarakat tersebut sebenarnya berada dalam wilayah yang sumber daya alamnya sangat potensial.

"Ironis, tiga dari empat kelompok ini sebenarnya berada di dalam wilayah yang SDA-nya sangat potensial yaitu hutan, laut, dan pertanian," ujar Madji.

Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang ini juga mengapresiasi program Kementerian Sosial yang dinilai cukup berdampak bagi masyarakat NTB. 

"NTB optimistis bisa menurunkan kemiskinan 2% per tahun, sehingga sampai akhir jabatan saya targetkan kemiskinan bisa tinggal 12% saja," ujar Madji.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ntb

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top