Warga Tangsel Ingin Festival Seni Budaya Sunda Digelar

Masyarakat Kota Tangerang Selatan yang memiliki darah keturunan dari Jawa Barat berharap agar Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Tangsel menggelar Festival Seni dan Budaya Adat Sunda.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 21 November 2016  |  16:41 WIB
Warga Tangsel Ingin Festival Seni Budaya Sunda Digelar
Pertunjukan Wayang Kulit. Ilustrasi - JIBI/Sunaryo Haryo Bayu

Bisnis.com, TANGSEL-Masyarakat Kota Tangerang Selatan yang memiliki darah keturunan dari Jawa Barat berharap agar Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Tangsel menggelar Festival Seni dan Budaya Adat Sunda.

Asep Rahman, warga Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangsel, mengatakan dirinya bersama rekan-rekannya sesama keturunan dari daerah Jawa Barat berharap setelah digelar Festival Seni dan Budaya Adat Jawa juga ada festival adat Sunda.

“Apalagi, sebelum ada Provinsi Banten, daerah Tangsel masuk wilayah Jawa Barat, yang identik dengan budaya Sunda, sehingga sangat layak kalau nanti juga diselenggarakan festival adat Sunda,” katanya, Senin (21/11/2016).

Menurutnya, untuk memperkenalkan adat budaya Jawa kepada generasi muda, Kantor Kebudayaan dan Pariwsata (Budpar) Kota Tangsel menggelar Festival Seni dan Budaya Adat Jawa di lapangan Kelurahan Pondok Betung, pada 18 November 2016.

Alasan digelar Festival Seni dan Budaya Adat Jawa, lanjutnya, karena menurut panitia adat Jawa memiliki keanekaragaman mulai dari wayang dan tari hingga makanan khas yang tidak dimiliki budaya lain.

“Pihak panitia menjelaskan festival itu sebagai salah satu rangkaian dari Festival Budaya yang selenggarakan dalam menyambut HUT Tangsel ke-8,” ujarnya.

Festival Seni dan Budaya Adat Jawa diresmikan oleh Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, dengan menyerahkan wayang kulit tokoh Semar kepada dalang Ki Sugiran Purnomo Hadi asal Gunung Kidul, Yogyakarta, pada Jumat malam,

Festival tersebut dimerihaknya dengan penampilan Karawitan, Penyerahan Tokoh Wayang, Peragaan Busana, Cucuk Lampah, Pager Ayu dan Parade Pengantin Wanita dalam adat Jawa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tangerang selatan, jawa, sunda

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top