Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi Ikan Terus Meningkat

Konsumsi ikan warga Kota Malang, Jawa Timur, dari tahun ke tahun terus meningkat, rata-rata mencapai satu kilogram lebih setiap tahun, pada 2014 mencapai 24,1 kilogram/kapita per tahun, 2015 mencapai 25,6 kilogram/kapita per tahun.
Ilustrasi perikanan/Antara-Fanny Octavianus
Ilustrasi perikanan/Antara-Fanny Octavianus

Bisnis.com, MALANG -  Konsumsi ikan warga Kota Malang, Jawa Timur, dari tahun ke tahun terus meningkat, rata-rata mencapai satu kilogram lebih setiap tahun, pada 2014 mencapai 24,1 kilogram/kapita per tahun, 2015 mencapai 25,6 kilogram/kapita per tahun.

"Untuk tahun 2016 kami targetkan sekitar 26 kilogram/kapita, namun realisasi saat ini sudah mencapai 27 kilogram/kapita, artinya sudah melebihi target satu kilogram/kapita," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Malang Hadi Santoso di Malang, Senin (14/11/2016).

Ia mengakui meski ada peningkatan lebih dari satu kilogram, angka tersebut masih jauh dari harapan, karena pihaknya menargetkan secara bertahap bisa mencapai 30 kilogram per kapita per tahun, walaupun target itu masih jauh di bawah angka konsumsi ikan warga Malaysia yang mencapai 40 kilogram per kapita per tahun.

Menurut dia, jika tingkat konsumsi ikan per kapita warga Kota Malang terus naik, akan berdampak positif bagi petani ikan (pembudidaya) maupun nelayan, sebab permintaan akan produk ikan tawar maupun laut juga akan meningkat.

Selain itu, katanya, peningkatan konsumsi ikan tersebut juga berdampak positif terhadap perekonomian dan gizi masyarakat.

"Meningkatnya konsumsi ikan di kalangan masyarakat ini juga tidak lepas dari keberhasilan sosialisasi yang dilakukan oleh berbagai pihak dan Distan di berbagai kesempatan dan acara formal maupun nonformal agar warga gemar mengonsumsi ikan," ujarnya.

Ia mengemukakan sosialisasi gemar mengonsumsi ikan tersebut dilakukan di banyak kesempatan dan lokasi, seperti di sekolah-sekolah dan sejumlah kios sehat yang menjual produk olahan ikan.

Meningkatnya konsumsi ikan warga Kota Malang juga dipengaruhi oleh banyaknya olahan makanan yang berbahan baku ikan segar, seperti nugget, sosis, dan baso.

"Apalagi sekarang di kota ini juga sudah ada swalayan ikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ikan segar dan berbagai olahan ikan," ucapnya.

Swalayan ikan yang diresmikan pada pertengahan 2016 yang berlokasi di Jalan Sarangan itu, menyediakan berbagai jenis ikan segar dan produk olahannya.

Ikan segar dipasok dari pembudidaya ikan air tawar serta nelayan di Kabupaten Malang, Jember, Banyuwangi dan sekitarnya.

Swalayan ikan tersebut menjadi satu-satunya di wilayah Malang raya dan diklaim sebagai yang terbesar di Jawa Timur.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper