Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rohul Riau, Ritual Potong Ayam Tiga Rupa Tandai Musim Tanam 2016

Ratusan Warga Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Riau, menggelar budaya ritual potong ayam tiga rupa sebagai tanda dimulainya musim turun tanam padi oleh petani pada 2016.
Tanam padi. /Bisnis.com
Tanam padi. /Bisnis.com

Kabar24.com, ROKAN HULU - Ratusan Warga Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Riau, menggelar budaya ritual potong ayam tiga rupa sebagai tanda dimulainya musim turun tanam padi oleh petani pada 2016.

"Upacara ritual potong ayam tiga rupa dan kambing ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur para petani kepada sang Penguasa Alam," kata Ketua Kelompok Tani Rimbo Hapar Anuar Daulay di Rimbo Hapar Desa Suka Maju Kecamatan Rambah, Rokan Hulu Riau, Kamis (10/11/2016).

Anuar Daulay menjelaskan, "Ini tradisi turun - temurun nenek moyang warga di Rohul, guna melakukan doa syukur atas keberhasilan panen raya tahun lalu. Serta meminta untuk hal yang sama pada tahun ini."

"Kelompok tani Rimbo Hapar kabupaten Rokan Hulu, Riau telah sukses mendapatkan hasil panen padi yang memuaskan," katanya.

Anuar Daulay berharap ini bisa terwujud juga pada panen tahun depan. "Harapan kami kedepan, para petani yang tergabung dalam kelompok tani Rimbo Hapar kembali memperoleh hasil panen padi yang melimpahn," katanya lagi.

Selain riual acara diikuti iringan doa bersama petani dan semua jajaran yang hadir. "Yang paling penting kami juga tidak lupa berdoa seraya memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dilancarkan dan disukseskan penanaman padi ini," katanya.

Di samping itu, Babinsa Koramil 02/Rambah menjelaskan pencapaian ketahanan pangan nasional juga menjadi bagian dari tugas TNI.

Hak tersebut sesuai dengan keputusan Pemerintah Pusat yang diperkuat dengan adanya kerja sama antara TNI dengan Kementerian Pertanian selanjutnya diteruskan ketingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

"Diharapkan petani dan bersama jajaran TNI ke depannya dapat meningkatkan produksi komoditas pertanian akan terus meningkat dan swasembada pangan bisa dipertahankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper