Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAI Divre Sumut-Aceh Aktifkan Kembali KA Perintis, Tarif Rp1.000

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Divisi Regional I Sumatra Utara-Aceh berencana mengaktifkan kembali KA Perintis di Lhoksumawe, Aceh. Adapun, tarif yang akan berlaku masih sama seperti operasional terdahulu yakni Rp1.000.
Febriany Dian Aritya Putri
Febriany Dian Aritya Putri - Bisnis.com 25 Oktober 2016  |  14:03 WIB
Persinyalan kereta api - Ilustrasi/wikipedia
Persinyalan kereta api - Ilustrasi/wikipedia

Bisnis.com, MEDAN—PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Divisi Regional I Sumatra Utara-Aceh berencana mengaktifkan kembali KA Perintis di Lhoksumawe, Aceh. Adapun, tarif yang akan berlaku masih sama seperti operasional terdahulu yakni Rp1.000.

Manajer Humas KAI Divre Sumut-Aceh Joni Martinus menyebutkan, jalur KA Perintis yang akan kembali diaktifkan pada 1 November 2016 tersebut yakni dari Stasiiun Krueng Geukeuh-Bungkah-Krueng Mane. Total panjang jalur KA tersebut 11,5 km.

“Pada minggu lalu, kami sudah melakukan test track, tepatnya pada 20 Oktober 2016. Sehari sebelumnya, kami juga melaksanakan pemeriksaan kesiapan sarapa dan prasaran, SDM, dan fasilitas penunjang pelayanan penumpang di stasiun, termasuk pos kesehatan. Semuanya berjalan dengan baik,” papar Joni, Selasa (25/10/2016).

Pengaktifkan kembali KA Perintis Aceh ini merupakan salah satu bagian dari pembangunan jalur KA Trans Sumatra yang menghubungkan Aceh-Medan-Riau total 1.574,5 km. Seluruhnya ditarget rampung pada 2021. Khusus untuk Aceh, jalur yang diaktifkan kembali dan dibangun total 600 km.

Adapun, dari total tersebut, berdasarkan data Kementerian Perhubungan, yang dalam pelaksanaan konstruksi 23,64 km dan sudah masuk perencanaan konstruksi 565,01 km.

“Pengerjaannya memang sudah jalan. Tapi untuk progres kami masih menunggu konfirmasi dari Balai Teknik Perkeretapian Sumut. Kami kan hanya operator,” pungkas Joni.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top