Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemilihan Ketua DPD Bisa Lewat Voting

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Farouk Muhammad mengatakan, Rapat Paripurna Luar Biasa hari ini akan menentukan ketua DPD definitif pengganti Irman Gusman.
Logo DPD RI/Antara
Logo DPD RI/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  Farouk Muhammad mengatakan, Rapat Paripurna Luar Biasa hari ini akan menentukan ketua DPD definitif pengganti Irman Gusman.

Farouk menjelaskan, pemilihan ketua DPD akan dilakukan jika pengganti Irman Gusman sebagai pimpinan yang berasal dari wilayah bagian barat Indonesia telah ditentukan.

"Pemilihan ketua DPD nanti kami berunding untuk musyawarah mufakat, kalau tidak sepakat ya voting," kata Farouk di Kompleks Parlemen, Selasa (11/10/2016).

Saat ini, unsur pimpinan DPD menyisakan Wakil Ketua Farouk Muhmmad dari wilayah timur dan Wakil Ketua Ratu Hemas. Dengan demikian akan dipilih satu pimpinan lagi dari wilayah barat.

Selain itu, Panitia Musyawarah (Panmus) DPD telah menentukan mekanisme pemilihan sesuai dengan tata tertib yang ada. Mekanismenya adalah, pertama dengan mendaftarkan diri, mengisi pakta integritas serta menyampaikan visi dan misi.

Farouk mengatakan, bahwa saat ini total senator wilayah barat yang berjumlah 40 orang, dapat mendaftar sebagai bakal calon pimpinan. Padahal, sebelumnya Panmus telah mengusulkan 12 nama sebagai calon pengganti Irman di DPD.

"Jadi tidak menutup kemungkinan bisa bekurang atau bisa lebih," ujarnya menegaskan.

Irman merupakan satu-satunya pimpinan parlemen yang terpilih dua kali. Sebelumnya DPD diketuai oleh Ginandjar Kartasasmita. Sedangkan, DPR belum pernah dipimpin oleh satu orang untuk dua periode.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper