Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Tokoh Ini Akan Menerima Penghargaan di Festival Borobudur

Borobudur Writers & Cultural Festival (BWCF) 2016 digelar pada 5 Oktober - 8 Oktober di Magelang dan Yogyakarta. Dalam perhelatan yang masuk tahun kelima ini, akan memberikan Sang Hyang Kamahayanikan Award kepada dua tokoh.
Borobudur/Antara
Borobudur/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Borobudur Writers & Cultural Festival (BWCF) 2016 digelar pada 5 Oktober - 8 Oktober di Magelang dan Yogyakarta. Dalam perhelatan yang masuk tahun kelima ini, akan memberikan Sang Hyang Kamahayanikan Award kepada dua tokoh.

Sang Hyang Kamahayanikan Award adalah nama penghargaan yang menjadi ciri khas penyelenggaraan BWCF. Penghargaan tersebut diberikan kepada seorang tokoh yang telah berjasa dan memiliki kontribusi besar dalam pengkajian budaya dan sejarah Nusantara, apakah itu sejarawan, sastrawan, arkeolog, budayawan, penulis buku berlatar sejarah, dramawan, dalang, rohaniawan, filolog dan sebagainya.

Dua tokoh yang menerima penghargaan tersebut adalah Halilintar Lathief dan Kartono Kamajaya. Kurator BWCF 2016 Seno Joko Suyono mengatakan, peneliti dan budayawan Sulawesi Selatan Halilintar Lathief dipilih karena perannya menjaga Bissu dari kepunahan. Sebab, Bissu merupakan salah satu aset tradisi Nusantara.

Selain Halilintar, lanjut Seno, Sang Hyang Kamahayanikan Award juga diberikan kepada Kartono Kamajaya sebagai orang pertama yang mengubah Serat Centhini dari aksara Jawa menjadi aksara latin. Penghargaan serupa pernah diberikan kepada sejarahwan Peter Carey pada 2014, karena mendarmabaktikan hidupnya untuk meneliti riwayat Pangeran Diponegoro. “Tanpa dia tak ada karya-karya tentang Centhini,” kata Seno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper