Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Anggapan yang Salah tentang Kalkulator

Banyak pihak beranggapan penggunaan kalkulator membuat siswa menjadi malas berpikir dan ketergantungan. Hal ini yang membuat kalkulator sering dianggap sebagai alat yang bertolak belakang dengan konsep pengajaran matematika.
Ilustrasi/
Ilustrasi/

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak pihak beranggapan penggunaan kalkulator membuat siswa menjadi malas berpikir dan ketergantungan. Hal ini yang membuat kalkulator sering dianggap sebagai alat yang bertolak belakang dengan konsep pengajaran matematika.

"Padahal di sisi lain, matematika adalah ilmu yang mengajarkan problem solving, jadi tidak hanya mengenai perhitungan," kata Managing Director Casio Casio Singapore Pte, Ltd – Jakarta Representative Office, Hirokazu Satoh, seperti dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com pada Kamis (22/9/2016).

Dengan penghitungan yang lebih cepat, kata dia, maka siswa memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan eksplorasi mathematical thinking dan melakukan problem solving.

Hal ini disampaikan saat kegiatan sosial berkonsep pendidikan dengan memberikan kalkulator ilmiah (Scientific Calculator) CASIO FX-991 ID plus ke SMAN 2 Tangerang Selatan. Kegiatan ini berkaitan dengan keberadaan Casio selama 36 tahun di Indonesia.

Kalkulator merupakan produk pertama Casio sejak awal didirikan. Casio berkomitmen berkontribusi memberikan pengaruh di banyak bidang kehidupan, salah satunya yaitu pendidikan melalui teknologi kalkultor yang dikembangkan.

Selain memberikan kalkulator ilmiah pada pihak sekolah untuk mendukung kegiatan belajar Matematika, Casio juga mendatangkan guru tamu yang mengajarkan berbagai alternatif belajar Matematika menggunakan kalkulator kepada para siswa SMAN 2 Tangerang Selatan.

"Casio ingin membuat matematika sebagai sesuatu yang menyenangkan dan disukai siswa, bukan lagi pelajaran menakutkan. Adanya penguasaan dan pemahaman ilmu ini membuat siswa bisa membentuk cara berpikir yang logis, runut dan solutif sehingga pada akhirnya bisa membantu meningkatkan kompetensi siswa di masa depan, terutama pada saat terjun ke dunia pekerjaan,” tambahnya.

Musisi muda Brandon Salim turut hadir sebagai bintang tamu. Brandon dikenal sebagai musisi muda berbakat yang terinspirasi menciptakan lagu dengan memanfaatkan kegemarannya dalam matematika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper