Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Uang Baru: 12 Pahlawan Nasional Jadi Gambar Utama Uang Rupiah

Sebanyak 12 gambar pahlawan nasional akan diabadikan sebagai gambar utama dalam mata uang rupiah yang akan diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan tahun ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 September 2016  |  15:39 WIB
Uang Baru: 12 Pahlawan Nasional Jadi Gambar Utama Uang Rupiah
Ilustrasi: Uang Rupiah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peringatan Hari Pahlawan pada 10 November mendatang akan diwarnai dengan munculnya uang rupiah dengan seri gambar para pahlawan.

Sebanyak 12 gambar pahlawan nasional akan diabadikan sebagai gambar utama dalam mata uang rupiah yang akan diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan tahun ini.

"Agenda khusus tahun ini akan diluncurkan gambar pahlawan nasional di mata uang. Ini sudah ada Keppresnya," kata Dirjen Perlindungan Sosial Kementerian Sosial Hartono Laras di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Keppres Nomor 31 Tahun 2016 tersebut tentang penetapan gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama pada bagian rupiah kertas dan logam untuk mata uang RI.

Hartono menjelaskan, penggunaan gambar pahlawan di mata uang merupakan upaya penghormatan terhadap nilai-nilai kepahlawanan mereka, juga sejalan dengan upaya penanaman nilai-nilai kepahlawanan.

"Mereka sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional maka kewajiban kita semua untuk mensosialisasikan nilai-nilai kepahlawanannya," tambah Hartono.

Gambar pahlawan nasional yang diabadikan dalam mata uang tersebut adalah Presiden pertama RI Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta dalam pecahan Rp100.000.

Gambar Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama uang kertas pecahan Rp50.000, gambar GSSJ Ratulangi dalam pecahan uang kertas Rp20.000.

Pahlawan nasional Frans Kaisepo sebagai gambar utama bagian depan uang kertas pecahan Rp10.000. Gambar KH Idham Chalid pada uang kertas Rp5.000. Gambar Mohammad Hoesni Thamrin pada uang pecahan Rp2.000.

Serta gambar pahlawan nasional perempuan dari Aceh, Tjut Meutia pada yang kertas Rp1.000, gambar Mr I Gusti Ketut Pudja pada uang logam Rp1.000.

Gambar pahlawan nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang pada uang logam Rp500, gambar Dr Tjiptomangunkusumo pada uang logam Rp200 dan gambar Prof Dr Ir Herman Johannes pada uang logam pecahan Rp100.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rupiah uang

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top