Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa ITS Menangi Programming Contest di Surabaya

Mahasiswa Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) angkatan 2013, Arianto Wibowo, memenangi Programming Contest di Surabaya.
Institut Teknologi Sepuluh November/its.ac.id
Institut Teknologi Sepuluh November/its.ac.id

Kabar24.com, JAKARTA - Mahasiswa Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) angkatan 2013, Arianto Wibowo, memenangi Programming Contest di Surabaya.

Programming Contest di Surabaya merupakan penyelenggaraan ke-4 yang diselenggarakan Bukalapak bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Sebelumnya, Programming Contest juga diselenggarakan di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. 

Kegiatan ini diikuti lebih dari seratus mahasiswa jurusan Teknik Informatika dan bidang terkait dari seluruh kampus di Surabaya, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, dan kota-kota lainnya bagian timur Indonesia.

Saat ini, semakin banyak orang menyadari internet sebagai ladang yang potensial dalam memulai bisnis. Akibatnya, semakin banyak pula jumlah rintisan usaha di bidang teknologi informasi atau yang biasa dikenal sebagais start-up.

Untuk menciptakan start-up berkualitas, dibutuhkan SDM yang mampu berpikir kreatif dan menciptakan inovasi baru yang dibutuhkan masyarakat, dan salah satunya adalah programmer.

“Bukalapak Programming Contest kembali diadakan dengan tujuan mendukung serta mewadahi minat dan bakat mahasiswa di bidang teknologi, khususnya bidang competitive programming. Kami berharap kompetisi ini dapat menciptakan atmosfer kompetitif yang sehat serta dapat meningkatkan minat pelajar di Indonesia terhadap Teknik Informatika. Mari jadi pahlawan-pahlawan digital muda Indonesia,” ujar Nugroho Herucahyono, CTO dan Co-Founder Bukalapak, dalam keterangan resmi yang diterima Minggu (4/9/2016).

Senada, Direktur Fasilitasi Infrastruktur Fisik Badan Ekonomi Kreatif, Selliane Halia Ishak, mengatakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan industri kreatif. Peran programmer dalam mendukung bisnis dan infrastruktur digital sangatlah penting. 

"Melalui Programming Contest Bukalapak ini, kami berharap dapat memberikan platform pembelajaran dalam bentuk praktik kepada para mahasiswa sehingga memiliki pemahaman dan pengalaman yang bisa diaplikasikan di dunia kerja nanti. Harapannya, terbangun competitive spirit serta keinginan untuk berkontribusi terhadap dunia digital Indonesia,” tambahnya. 

Dalam kompetisi ini, mahasiswa dituntut untuk menyelesaikan puzzle algoritma dengan menggunakan Bahasa C/C++, Java, Pascal maupun Python. Peserta akan memperebutkan berbagai hadiah menarik seperti MacBook Pro untuk juara pertama, iPhone 6s dan iPhone 6 untuk juara kedua dan ketiga, serta dua external hardisk 1TB untuk juara keempat dan kelima.

“Saya mendapat banyak ilmu untuk programming dan menjadikan saya semakin bersemangat untuk terus ngulik “codingan.” Semoga ke depannya semakin banyak mahasiswa yang terlibat dan berkontribusi dalam dunia digital Indonesia,” ujar Arianto Wibowo pemenang Programming Contest dari Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) angkatan 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper