Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

SISWA MENGENAL NUSANTARA: Sri Sultan Lepas dan Sambut Siswa Peserta SMN

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melepas keberangkatan "Siswa Mengenal Nusantara 2016" dari provinsi ini sekaligus menerima rombongan siswa dari Bangka Belitung di Keraton Yogyakarta, Minggu (7/8/2016).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Agustus 2016  |  14:03 WIB
SISWA MENGENAL NUSANTARA: Sri Sultan Lepas dan Sambut Siswa Peserta SMN
Sejumlah siswa melihat proses pembuatan tenunan kain songket Batubara saat berkunjung di Batubara, Sumatera Utara, Rabu (3/8/2016). Sebanyak 19 pelajar berprestasi asal Sulawesi Barat tersebut melakukan perjalanan ke Sumut sebagai bagian dari program Siswa Mengenal Nusantara yang bertujuan seluruh siswa dapat mengenal budaya, adat istiadat dan memberikan wawasan yang lebih luas dalam mengenal nusantara. - Antara/Septianda Perdana
Bagikan

Kabar24.com, YOGYAKARTA - Memperingati HUT RI ke-71 Kementerian Badan Usaha Milik Negara menggelar acara Siswa Mengenal Nusantara 2016, program ini mirip pertukaran pelajar.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melepas keberangkatan "Siswa Mengenal Nusantara 2016" dari provinsi ini sekaligus menerima rombongan siswa dari Bangka Belitung di Keraton Yogyakarta, Minggu (7/8/2016).

Kegiatan "Siswa Mengenal Nusantara 2016" ini merupakan sinergi sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) atau dan Primisima bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah raga DIY.

"Kegiatan 'Siswa Mengenal Nusantara 2016' ini dicanangkan Kementerian BUMN sebagai bagian dari rangkaian HUT RI ke-71," kata Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Pujo Suwarno.

Menurut dia, para pelajar baik dari Yogyakarta maupun Bangka Belitung dipertemukan untuk dapat saling mengenal satu sama lain sebelum masing-masing mengikuti acara Siswa Mengenal Nusantara 2016.

"Jumlah peserta dari masing-masing provinsi sebanyak 20 siswa. Adapun pemilihan dilakukan melalui seleksi oleh Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata Provinsi DIY," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan Siswa Mengenal Nusantara ini sangat penting dan patut diapresiasi. PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Rau Boko sebagai perusahaan BUMN turut peduli terhadap anak bangsa.

"Ini sebagai salah satu wujud kepedulian kami terhadap bangsa Indonesia, utamanya anak muda generasi penerus bangsa. Melalui acara SMN ini, kami ingin mengenalkan budaya dan kekayaan alam nusantara kepada para pelajar. Sehingga akan semakin menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia," katanya.

Pujo mengatakan, selama kegiatan "Siswa Mengenal Nusantara 2016, para pelajar akan mengunjungi beberapa lokasi di kota "Laskar Pelangi" maupun kota "Ada Apa Dengan Cinta" (AADC0, dan saling bertukar budaya satu sama lain.

Dalam kesempatan ini, Gubernur DIY Sri Sultan HB X berkenan memberikan arahan wawasan kebangsaan untuk pemuda generasi penerus bangsa. Sri Sultan memberikan doa restu sekaligus melepas "Siswa Mengenal Nusantara Tahun 2016" dari DIY dan menerima Siswa "Mengenal Nusantara 2016" dari Bangka Belitung.

Adapun acara "Siswa Mengenal Nusantara 2016" dari DIY ini akan diselenggarakan mulai 7 Agustus sampai dengan 15 Agustus 2016 di Bangka Belitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan SISWA MENGENAL NUSANTARA

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top