BI Pekanbaru Dorong Pembentukan Pusat Informasi Harga Pangan

Untuk mengontrol harga pangan di tingkat masyarakat, Bank Indonesia Pekanbaru yang juga salah satu unsur pada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Riau mendorong dibentuknya pusat informasi harga pangan.
Arif Gunawan | 02 Agustus 2016 12:40 WIB
Untuk mengontrol harga pangan di tingkat masyarakat, BI Pekanbaru mendorong dibentuknya pusat informasi harga pangan. - ilustrasi

Kabar24.com, PEKANBARU -- Untuk mengontrol harga pangan di tingkat masyarakat, Bank Indonesia Pekanbaru yang juga salah satu unsur pada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Riau mendorong dibentuknya pusat informasi harga pangan.

Kepala Perwakilan BI Pekanbaru Ismet Inono mengatakan untuk menjaga stabilitas harga pangan dan komoditas strategis, perlu beberapa upaya.

"Di antaranya yaitu lewat operasi pasar, dan membuat pusat informasi harga pangan," katanya kepada Bisnis, Selasa (2/8/2016).

Operasi pasar kata Ismet walaupun tidak secara drastis bisa menurunkan harga pangan, tetapi dapat mengintervensi harga dari sisi permintaan atau demand.

Bila dilakukan secara berkelanjutan, operasi pasar akan menurunkan permintaan barang sehingga secara perlahan harga barang itu cenderung akan mengalami penurunan.

Lalu pusat informasi harga pangan dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengetahui harga eceran yang direkomendasikan pemerintah atau harga distributor.

"Harapannya pedagang tidak bisa seenaknya menaikkan harga jual karena jelas ada info terbaru soal harga bahan pangan tersebut," katanya.

Adapun untuk menekan inflasi daerah Riau, TPID telah menyusun roadmap dengan sejumlah strategi yang akan dijalankan oleh pemda beserta stakeholder terkait.

Tag : bi, harga pangan
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top