Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Ingin Pembangunan Bandara Kecil Dipercepat

Presiden Joko Widodo menginginkan perluasan pengembangan Bandara Sultan Thaha, Jambi juga diikuti dengan percepatan pembangunan bandara lain di daerah itu
Ilustrasi./.Antara
Ilustrasi./.Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Presiden Joko Widodo menginginkan perluasan pengembangan Bandara Sultan Thaha, Jambi juga diikuti dengan percepatan pembangunan bandara lain di daerah itu.

Dalam peresmian terminal baru Bandara Sultan Thaha, Kepala Negara menginginkan bandara-bandara kecil di sekitar wilayah itu seperti Muara Bungo dan Kerinci dapat dibangun dan diselesaikan pada 2017.

"Diselesaikan baik terminal maupun runway. Pesawat berbadan besar turun di sini (Bandara Sultan Thaha), Ke Kerinci dan Muara Bungo menggunakan pesawat kecil sehingga mempercepat transportasi barang dan orang," katanya dari keterangan resmi Biro Pers Istana, Kamis (21/7/2016).

Jokowi mengatakan terselesaikannya pembangunan bandara- bandara kecil tersebut akan memudahkan akses dari kedua wilayah itu.

Biasanya, perjalanan darat dari Kerinci- Muara Bungo memakan waktu hingga 9 jam. Dengan jalur udara, distribusi orang dan barang akan jauh lebih efisien.

Sebagai catatan, perluasan bandara Sultan Thaha meliputi perluasan overlay runway setebal 10 cm, luas terminal 35.000 m2, dan luas lahan parkir 26.500 m2 dengan kapasitas 436 mobil dan 415 motor.

Pembangunan Terminal Penumpang dan Fasilitas Parkir Bandara Sultan Thaha yang baru itu menelan biaya sesuai nilai kontrak sebesar Rp126 miliar, pembangunan apron Rp 110 miliar, pembangunan tower dan gedung operasi Rp16 miliar, dan pembangunan fasilitas pokok serta penunjang lainnya Rp 67 miliar.

Presiden juga meminta agar setiap bandara yang dibangun untuk diintegrasikan dengan moda transportasi lain, baik kereta api, LRT atau bus sehingga masyarakat memiliki pilihan alternatif yang lebih luas untuk menjangkau tempat tujuan yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper