Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panglima TNI: Posisi Sandera di Filipina Sudah Terdeteksi

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memastikan empat ABK Kapal TB. Charles yang disandera kelompok Abu Sayyaf sudah diketahui keberadaannya yakni di Pulau Zulu, Filipina.
Sandera/Ilustrasi-JIBI Photo
Sandera/Ilustrasi-JIBI Photo
Bisnis.com, JAKARTA --  Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memastikan empat ABK Kapal TB. Charles yang disandera kelompok Abu Sayyaf sudah diketahui keberadaannya yakni di Pulau Zulu, Filipina.
 
Sementara  tiga sandera yang lain hingga saat ini sedang dicari informasi keberadaannya.
 
 “Sementara yang dapat diketahui berjumlah  empat orang dalam kondisi baik dan terpisah dengan yang tiga orang, namun perlu diverifikasi kembali,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (28/7/2016).
 
“Pelaku pembajakan salah satunya  dapat diduga dari kelompok Alhabsi, kita verifikasi dan cek terus dimana keberadaannya, termasuk uang tebusan yang diminta oleh pembajak sebesar 200 juta peso atau sekitar 55-60 miliar,” katanya.
 
Panglima TNI menuturkan Kapal TB. Charles sudah melanggar moratorium yang telah disepakati. Untuk rute berlayar setiap kapal pengangkut batu bara dari Indonesia ke Filipina sudah  diberikan jalur yang aman, namun demikian Kapal TB. Charles tersebut memotong rute yang telah ditentukan.
 
“Hingga saat ini 96 persen batu bara yang digunakan oleh Filipina berasal dari Indonesia. Terkait pengiriman batu bara ke Filipina tergantung mereka, karena harus dijamin keamanan pengirimannya, atau dikawal oleh tentara serta disiapkan rute khusus,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI menjelaskan, Pemerintah Indonesia telah melakukan beberapa upaya seperti adanya MoU dari ketiga negara yang menyepakati untuk melakukan patroli terkoordinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper