Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sampah Menumpuk di Pekanbaru, Warga Bersihkan Sampah Secara Swadaya

Sekelompok warga, yang mengaku terdorong keresahan akibat krisis sampah berkepanjangan, bergotong-royong mengangkuti tumpukan sampah di jalanan Kota Pekanbaru pada Minggu (19/6) siang.
Warga Pekanbaru Memberishkan Sampah Secara Swadaya
Warga Pekanbaru Memberishkan Sampah Secara Swadaya

Bisnis.com, PEKANBARU—Menumpuknya sampah di Kota Pekanbaru mendorong warga untuk melakukan bersih-bersih secara swadaya.

Sekelompok warga, yang mengaku terdorong keresahan akibat krisis sampah berkepanjangan, bergotong-royong mengangkuti tumpukan sampah di jalanan Kota Pekanbaru pada Minggu (19/6)  siang.

Aksi swadaya masyarakat ini dipimpin oleh seorang pengusaha bernama Amijaya Pramudhia, yang menyatakan hal ini merupakan dorongan moral yang disebutnya dengan "ngabuburit bersihkan Pekanbaru".

"Ngabuburit itu istilah menghabiskan waktu menanti berbuka puasa. Kalau orang lain mungkin ngabuburit dengan memancing, ke mal atau tidur siang, tapi kita memilih ngabuburit bersihkan Pekanbaru dari sampah yang sudah menumpuk di jalan-jalan," kata Amijaya Minggu (19/6).

Krisis sampah di Kota Pekanbaru sudah berlangsung selama sekitar dua pekan terahir. Masalah ini bermula akibat upaya Pemerintah Kota Pekanbaru menyerahkan kepada swasta layanan angkut sampah melalui PT Multi Inti Guna (MIG) gagal, setelah ratusan pekerja lapangan yang setiap hari mengangkut sampah mogok kerja akibat tidak digaji selama tiga bulan.

Bersama sekitar 25 warga lainnya, Amijaya terlihat mengangkuti tumpukan sampah di Jl Kereta Api Kecamatan Tangkerang, Pekanbaru ke dua mobil bak terbuka. Cuaca panas ditambah bau busuk sampah yang menyengat, diakuinya cukup menjadi kendala.

Meski begitu, ia berharap kegiatan "ngabuburit" ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk menumbuhkan keperdulian bersama menangani krisis sampah. Selain itu, ia berharap Pemerintah Kota Pekanbaru benar-benar serius menyelesaikan krisis sampah yang apabila terus dibiarkan bisa menimbulkan penyakit bagi masyarakat.

"Kita jangan ribut-ribut, sekarang yang dibutuhkan aksi nyata dan kalau bisa kita bantu pemerintah kota supaya jangan berlama-lama masalah ini.  Kita rindu Pekanbaru bersih lagi, dan rindu dapat penghargaan Adipura lagi," ujar Amijaya Pramudhia, yang belakangan ini makin santer menjadi bakal calon Wali Kota Pekanbaru.

Menurut dia, apabila krisis sampah masih juga belum kunjung diselesaikan oleh pemerinah daerah, maka pihaknya akan terus melakukan kegiatan ini secara berkelanjutan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper