Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Lakukan Pelecehan Seksual Karena Pengawasan Atasan Lemah

Banyaknya kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh anggota polisi menunjukkan kurangnya pengawasan pimpinan terhadap perilaku bawahan.
Ilustrasi/JIBIPhoto
Ilustrasi/JIBIPhoto

Kabar24.com, JAKARTA - Banyaknya kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh anggota polisi menunjukkan kurangnya pengawasan pimpinan terhadap perilaku bawahan.

"Ada kecenderungan penyalahgunaan wewenang kalau tidak diawasi (atasan). Pimpinan harus tetap mengontrol dan bersikap tegas," kata pengamat kepolisian, Alfons Loemau, di Jakarta, Minggu (19/6/2016).

Menurutnya, seorang polisi yang memiliki kewenangan tertentu berpotensi menyalahgunakan wewenang. "Karena kurang beriman sehingga tetap melakukan perbuatan berdosa," katanya.

Oleh karena itu, dalam hal ini, seorang atasan wajib mengingatkan dan memantau aktivitas bawahannya untuk mengantisipasi adanya bawahan yang melakukan tindakan yang melenceng dari aturan.

Berikut adalah beberapa kasus pelecehan seksual polisi sepanjang tahun 2016.

Pada 20 Februari, Brigadir DS dan Brigadir DP melakukan pelecehan seksual terhadap siswi SMK di Polsek Kreung Raya, Banda Aceh.

Kemudian 7 Juni, DDS (16) siswi SMK swasta Malang, Jatim, menjadi korban pelecehan seksual Brigadir EN yang merupakan anggota Polantas Polres Batu di Pos Alun-alun. Saat itu DDS dibonceng oleh teman lelakinya dan menjadi korban tilang. Namun ketika itu, DDS ditawari Brigadir EN untuk berhubungan intim sebagai ganti damai tilang.

Pada 14 Juni, anggota Polres Klungkung, Bali, Aiptu KA dilaporkan ke polisi karena diduga menjadi pelaku pencabulan dan kekerasan seksual terhadap remaja putri berinisial BW.

Selain itu kasus lainnya pada 16 Juni, anggota Polsek Tampan, Pekanbaru Riau, Brigadir Mardiyus bersama empat temannya menculik dan memperkosa seorang gadis. Aksi perkosaan ini dilakukan pelaku masih dengan menggunakan pakaian dinas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper