Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SELEKSI HAKIM AGUNG: 38 Nama Masuki Tahap Akhir Uji Kelayakan

Sebanyak 19 orang yang terdiri dari 15 orang calon hakim agung (CHA) dan 4 orang calon hakim ad hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Mahkamah Agung (MA) akan menjalani seleksi wawancara terbuka pada Senin-Jumat, 20-24 Juni 2016 di Auditorium KY, Jakarta.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 17 Juni 2016  |  22:39 WIB
SELEKSI HAKIM AGUNG: 38 Nama Masuki Tahap Akhir Uji Kelayakan
Mahkamah Agung - Antara/Andika Wahyu

Kabar24.com, JAKARTA - Sebanyak 19 orang yang terdiri dari 15 orang calon hakim agung (CHA) dan 4 orang calon hakim ad hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Mahkamah Agung (MA) akan menjalani seleksi wawancara terbuka pada Senin-Jumat, 20-24 Juni 2016 di Auditorium KY, Jakarta.

CHA dan calon hakim ad hoc Tipikor yang diloloskan KY pada seleksi ini akan disampaikan kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan. 

"Wawancara merupakan tahapan akhir uji kelayakan yang dilakukan oleh Anggota Komisi Yudisial dan Panel Ahli yang terdiri dari mantan hakim agung, pakar dan/atau negarawan,"tulis Farid Wajdi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/6/2016).

Beberapa nama yang terlibat dalam panel ahli, di antaranya Ahmad Syafii Maarif, Franz Magnis Suseno, dan Azyumardi Azra, yang merupakan negarawan. 

Sementara mantan hakim agung, yaitu Parman Soeparman (Pidana), Harifin A. Tumpa (Perdata), Hary Djatmiko (Tata Usaha Negara), Iskandar Kamil (Pidana Militer), H. Ahmad Kamil (Agama), dan Djoko Sarwoko (Tipikor).

Beberapa aspek penilaian pada wawancara meliputi visi, misi, dan komitmen, kenegarawanan, integritas, kemampuan teknis dan proses yudisial, dan kemampuan pengelolaan yudisial. 

Selain diselenggarakan secara terbuka, wawancara ini juga dapat disaksikan melalui streaming live di website KY, yaitu www.komisiyudisial.go.id. Selain itu, seleksi wawancara juga mengundang media massa dan LSM untuk dapat memantau pelaksanaan seleksi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hakim agung
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top