Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Wajibkan Puskesmas Buka 24 Jam

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengharuskan layanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah ini dapat beroperasi selama 24 jam.
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. /Antara
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. /Antara

Kabar24.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengharuskan layanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah ini dapat beroperasi selama 24 jam.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan upaya ini merupakan salah satu langkah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Oleh karena itu, semua Puskesmas 24 Jam harus ada di semua kecamatan di Kaltim.

"Hingga akhir tahun 2018, semua Puskesmas di tiap kecamatan di Kaltim harus bisa beroperasi 24 jam. Hal itu sebagai komitmen kita untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan terbaik pada masyarakat," ujarnya seperti yang dikutip, Kamis (2/6/2016).

Pemprov Kaltim terus berupaya  meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat. Upaya itu dilakukan sesuai dengan visi misi yang telah disusun.

Salah satunya melalui peningkatan pelayanan kesehatan, baik di Puskesmas maupun rumah sakit.

Keberadaan Puskesmas yang beroperasi selama 24 jam itu perlu didukung sumber daya manusia (SDM) yang siap bekerja bergantian, kebutuhan anggaran serta sarana dan prasarana lainnya.

Pelayanan Puskesmas 24 jam ini tentunya juga mendukung suksesnya penyelenggaraan pembangunan.

"Puskesmas berperan memberikan pelayanan kesehatan kepada individu, keluarga dan kelompok masyarakat. Hadirnya Puskesmas 24 jam dan Puskesmas Plus diharapkan memberikan pelayanan maksimal bagi pertolongan pertama gawat darurat," kata Awang.

Guna memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat yang adil dan merata di Kaltim, selain adanya dukungan pembangunan infrastruktur kesehatan masyarakat.

Ternyata pembangunan SDM juga sangat diperlukan dengan harapan kebutuhan pelayanan kesehatan yang baik di Kaltim dapat terwujud secara merata.

"Jadi, saat ini tinggal bagaimana upaya pemerintah untuk meningkatkan tenaga SDM dalam pelayanan kesehatan masyarakat, termasuk pemerataan tenaga dokter yang saat ini masih terpusat di perkotaan," tutur Awang..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper