Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tsa Ing-wen Wanita Pertama yang Jadi Presiden Taiwan

Tsa Ing-wen sebagai presiden wanita pertama Taiwan mulai mengukir sejarah baru di Pulau Formosa tersebut setelah pelantikannya pada 20 Mei 2016.
Tsa Ing-wen menjadi presiden wanita pertama Taiwan setelah pelantikannya pada 20 Mei 2016./REUTERS
Tsa Ing-wen menjadi presiden wanita pertama Taiwan setelah pelantikannya pada 20 Mei 2016./REUTERS

Bisnis.com, TAIPEI, Taiwan  -  Tsa Ing-wen sebagai presiden wanita pertama Taiwan mulai mengukir sejarah baru di Pulau Formosa tersebut setelah pelantikannya pada 20 Mei 2016.

Menurut Kementerian Luar Negeri Taiwan, Tsa Ing-wen dari Partai Progresif Demokratik akan melakukan reformasi secara menyeluruh guna menjadikan Taiwan lebih sejahtera lagi di masa yang akan datang.

Tsa yang memenangkan pemilihan presiden pada 16 Januari 2016 akan memulai mengembangkan Taiwan dengan banyak tantangan termasuk keadaan ekonomi yang kurang begitu stabil.

Kebijakan yang akan diambil oleh Tsa antara lain memperbaiki pemerataan penghasilan masyarakat, memberi jaring pengaman berbasis masyarakat yang efektif, dan membangun keterpaduan masyarakat yang menyeluruh.

Selain di bidang ekonomi, presiden Taiwan juga akan melakukan reformasi politik dalam upaya menciptakan lingkungan politik yang efektif dan kompak.

Selain reformasi dalam negeri, Presiden Tsa juga akan menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Selat Taiwan serta mengemukakan Kebijakan Menuju Selatan (Southbond Policy).

Dengan kebijakan tersebut, Tsa akan mengarahkan Taiwan ke berbagai peluang dengan ASEAN dan negara-negara di kawasan Asia melalui langkah-langkah yang pragmatis dan memperdalam hubungan dengan negara-negara di seluruh dunia.

Presiden Tsa yang lahir di Taipei pada 31 Agustus 1956 dari suku Hakka itu memiliki pengalaman politik yang mengesankan dan komprehensif.

Dari tahun 1992 hingga 2000, Tsa mengemban tugas sebagai Kepala Konsultan Hukum untuk Biro Perdagangan di Kementerian Luar Negeri Taiwan di samping beberapa jabatan yang dipercayakan kepadanya.

Dari tahun 2000 hingga 2004, Tsa ditunjuk untuk menduduki jabatan penting di pemerintahan termasuk sebagai Ketua Dewan Urusan Tiongkok.

Pada tahun 2004, Tsa bergabung dengan Partai Progresif Demokratik dan setelah partai tersebut menjadi oposisi pada 2008, Tsa terpilih sebagai ketua partai, kemudian pada 2010 dia menjadi walikota New Taipei City.

Pada tahun 2012, Tsa newakili Partai Progresif Demokratik untuk mengikuti pemilihan presiden namun saat itu dia belum berhasil.

Pada tahun 2014, Tsa terpilih lagi menjadi Ketua Partai Progresif Demokratik, dan pada tahun 2015, dia dicalonkan sebagai kandidat pemilihan presiden ke-14, dan memenangkan pemilihan tersebut pada 16 Januari 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper