Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekuador Diguncang Gempa 6,8 SR, 85 Orang Terluka

Gempa bumi baru dengan kekuatan 6,8 pada Skala Richter mengguncang Pantai Utara Ekuador pada Rabu (18/5), menewaskan satu orang dan melukai 85 orang lagi, kata Presiden Ekuador Rafael Correa.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 19 Mei 2016  |  10:23 WIB
Gempa bumi baru dengan kekuatan 6,8 pada Skala Richter mengguncang Pantai Utara Ekuador pada Rabu (18/5/2016). - REUTERS
Gempa bumi baru dengan kekuatan 6,8 pada Skala Richter mengguncang Pantai Utara Ekuador pada Rabu (18/5/2016). - REUTERS

Bisnis.com, QUITO -  Gempa bumi baru dengan kekuatan 6,8 pada Skala Richter mengguncang Pantai Utara Ekuador pada Rabu (18/5), menewaskan satu orang dan melukai 85 orang lagi, kata Presiden Ekuador Rafael Correa.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 11.46 waktu setempat (23.46 WIB), dengan pusatnya berada di Provinsi Esmeraldas di bagian utara negeri itu pada kedalaman 15 kilometer, kata Lembaga Geofisika di negeri tersebut.

Gempa bumi kuat itu telah mengakibatkan kepanikan di berbagai wilayah negeri tersebut, termasuk di Ibu Kotanya, Quito --tempat warga meninggalkan rumah mereka, kata Lembaga itu, sebagaimana diberitakan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi.

Pada Rabu pagi, gempa bumi lain dengan kekuatan 6,8 pada Skala Richter berpusat di sebelah selatan Muisne Canton, yang juga berada di Esmeraldas, dengan kedalaman 32 kilometer di bawah permukaan tanah.

Menurut Lembaga Geofisika, kedua gempa bumi tersebut adalah gempa susulan setelah gempa dengan kekuatan 7,8 pada Skala Richter --yang mengguncang Pantai Utara Ekuador pada 16 April, menewaskan sedikitnya 661 orang dan melukai tak kurang dari 16.600 orang lagi.

Ratusan gempa susulan tercatat setelah gempa bumi pada April itu, dan sejauh ini yang paling kuat adalah gempa yang terjadi pada Rabu.

US Geographical Survey juga mencatat gempa bumi tersebut saat fajar, dan mengatakan gempa itu berkekuatan 6,7 pada Skala Richter, dengan pusat gempa berada sekitar 34 kilometer dari Rosa Zarate dan 60 kilometer dari Esmeraldas dengan kedalaman sekitar 10 kilometer.

Menurut Lembaga Geofisika, semua itu adalah gempa susulan dengan kekuatan 7,8 pada Skala Richter terjadi di Patai Ekuador pada 16 April, sehingga menewaskan lebih dari 650 orang dan melukai sebanyak 16.600 orang lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekuador

Sumber : ANTARA/Xinhua-OANA

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top