Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Hancur, Masjid di Bosnia Dibangun Kembali

Ribuan orang menghadiri pembukaan kembali Masjid Ferhad Pasha di Bosnia yang dihancurkan pasukan Serbia pada perang era 1990-an.
ilustrasi masjid./atjehcyber.net
ilustrasi masjid./atjehcyber.net
Bisnis.com, JAKARTA--Ribuan orang menghadiri pembukaan kembali Masjid Ferhad Pasha di Bosnia yang dihancurkan pasukan Serbia pada perang era 1990-an.
 
Masjid buatan abad ke-16 itu terkenal sebagai karya agung arsitektur era Kekaisaran Ottoman. Untuk membangunnya kembali, diperlukan 14 tahun mengingat sebagian besar batu-batu yang digunakan merupakan batu asli masjid.
 
Adapun skema pembangunan memakai cetak biru pembangunan masjid ketika tempat ibadah tersebut rusak akibat gempa pada era 1960-an.
 
Para pejabat Bosnia keturunan Serbia mengatakan pembukaan masjid itu merupakan wujud dari komitmen mereka untuk mengembangkan toleransi beragama.
Masjid Farhad pasha diledakkan 23 tahun lalu, pada puncak Perang Sipil Yugoslavia. Kala itu, umat Islam Bosnia, Kroasia, dan etnik non-Serbia lainnya diusir dari kampung halaman mereka sebagai taktik pembersihan etnik.
 
Pembukaan masjid yang pembangunannya didanai pemerintah Turki itu berlangsung dengan penjagaan ketat. Sekitar 1.000 polisi berpatroli di kawasan masjid selagi bus-bus yang membawa umat Muslim dari seantero Bosnia datang ke acara tersebut.
 
Bosnia-Herzegovina dengan rakyat Muslim, Katolik, Ortodoks, dan Yahudi merupakan satu tubuh, satu hati. Jika ada upaya untuk memisahkannya, berarti satu hati ini akan terpisah, ujar Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu yang hadir dalam upacara pembukaan sebagimana dikutip BBC.co.uk, Minggu (8/5/2016).
 
Imam Besar Bosnia, Hussein Kavazovic, menyebut pembukaan masjid ini merupakan hari berbahagia untuk semuanya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper