Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Kereta Pekanbaru-Dumai Mulai Dibangun

Pemerintah Provinsi Riau kini tengah melakukan sosialisasi pelaksanaan proyek pembangunan jalur kereta Sumatra, khususnya yang menghubungkan Pekanbaru-Dumai.

Kabar24.com, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau kini tengah melakukan sosialisasi pelaksanaan proyek pembangunan jalur kereta Sumatra, khususnya yang menghubungkan Pekanbaru–Dumai.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Rahmad Rahim mengatakan dari hasil pertemuan terakhir antara Kementerian Perhubungan dengan Biro Tata Pemerintahan, sudah disepakati proses pengerjaan jalur kereta ini akan disosialisasikan kepada masyarakat setempat.

“Proses jalur kereta ini terus berjalan, pembangunan tahap pertama akan dikerjakan jalur kereta sepanjang 21 kilometer, sudah tanda tangan kontrak dengan kementerian,” katanya Rabu (20/4/2016).

Rahmad mengatakan nilai anggaran yang telah disiapkan pemerintah pusat dalam APBN untuk membangun jalur kereta sepanjang 21 kilometer ini mencapai Rp80 miliar. Anggaran ini juga digunakan untuk membebaskan lahan jalur kereta itu.

Memang kata dia kendala terbesar adalah tahapan pembebasan lahan dari Bukit Kapur ke Dumai tersebut. Bila proses ini lancar, pengerjaan fisik jalur kereta sudah dapat dimulai, sehingga nantinya bisa dilanjutkan penyambungan jalur kereta itu yang terhubung dengan jalur ke Rantau Prapat, Sumatra Utara.

Pemerintah juga meminta dukungan dari masyarakat yang lahannya terkena proyek pembangunan jalur kereta ini agar dapat memudahkan proses pembebasan lahan, yang dilakukan bekerja sama dengan aparatur setempat serta Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Kalau proses ini lancar, bisa berlanjut ke penetapan lokasi jalur kereta, ini bergantung pada penyelesaian pembebasan lahan,” katanya.

Sebelumnya Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masperi mengatakan Plt Gubernur Riau telah menandatangani surat keputusan pelepasan hak atas tanah sepanjang 12 kilometer di Dumai.

Total anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat lewat dana APBN yaitu mencapai Rp5,5 triliun, bagi pembebasan lahan di jalur kereta Pekanbaru–Dumai tepatnya di Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, dan Kota Pekanbaru denga total lahan yang dibebaskan sepanjang 288 kilometer.

“Proses ini sebelumnya sempat tersendat, karena izin trase awal belum dilakukan oleh Kemenhub tetapi sekarang masalahnya sudah selesai. Dari total anggaran pembebasan lahan itu, Rp1,7 triliun sudah dikucurkan,” katanya.

Adapun di Riau, pembangunan jalur kereta Sumatra ini akan memiliki beberapa rute di antaranya Pekanbaru – Taluk Kuantan – Muaro sepanjang 164 kilometer, Pekanbaru – Jambi 350 kilometer, Rantau Prapat – Duri – Dumai 249 kilometer, dan Duri – Pekanbaru 90 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper