Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BOM BRUSSELS: Wapres JK Minta WNI di Eropa dan Timur Tengah Ekstra Waspada

BOM BRUSSELS: Wapres JK Minta WNI di Eropa dan Timur Tengah Ekstra Waspada
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Maret 2016  |  14:24 WIB
Dampak ledakan bom bunuh diri di bandara Zaventem dekat Brussels, Belgia.(22/3/2016) - Reuters/Francois Lenoir
Dampak ledakan bom bunuh diri di bandara Zaventem dekat Brussels, Belgia.(22/3/2016) - Reuters/Francois Lenoir

Kabar24.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengimbau kepada seluruh warga negara Indonesia di Eropa dan Timur Tengah untuk berhati-hati pascaledakan yang terjadi di Brussel, Belgia, Selasa (22/3).

"Jadi, keadaan sekarang itu bukan hanya di Eropa, tetapi juga di Asia, di Turki, apalagi Timur Tengah. Semuanya harus berhati-hati tanpa mengurangi kegiatannya," kata Wapres di sela kunjungan kerjanya ke Kota Sanya, Hainan, China, Rabu.

Wapres juga meminta kepada seluruh WNI yang ada di luar negeri untuk segera melaporkan kepada kantor perwakilan Indonesia, melalui kedutaan besar atau konsulat jenderal setempat, jika menemukan gejala-gejala mencurigakan di sekitarnya.

WNI harus meningkatkan kewaspadaan mengingat aksi teror bisa terjadi di mana saja.

"Di dunia ini tidak ada daerah yang imun terhadap aksi-aksi teror seperti ini. Hati-hati saja dan mereka harus melaporkan ke kedutaan supaya deteksi dan membantunya mudah," katanya.

Pada Selasa, 22 Maret sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat terjadi ledakan di aula utama keberangkatan Bandara Zaventem.

Otoritas Bandara telah mengamankan lokasi, mendirikan crisis center, dan mengkonfirmasikan bahwa aksi tersebut merupakan bom bunuh diri.

Satu jam setelah bom di Bandara Zaventem, terjadi ledakan di stasiun metro Maelbeek (14 km dari Zaventem dan 6.5 km dari KBRI Brussel). Stasiun metro ini terletak berdekatan dengan kawasan Komisi Eropa dan Parlemen Eropa.

Pemerintah Belgia menetapkan status siaga empat paling berbahaya satu tingkat sebelum darurat militer untuk seluruh wilayah Belgia.

Warga juga diimbau untuk menghindari tempat keramaian, jalur transportasi umum dan pusat kota.

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir menambahkan tiga dari puluhan korban ledakan tersebut merupakan warga negara Indonesia, yakni seorang ibu dan dua anaknya.

"Laporan terakhir ada warga kita menjadi korban luka, sekarang sudah dirawat di rumah sakit di Belgia. Dia bersama dengan anaknya sedang akan melakukan perjalanan kembali ke Indonesia," kata Wamenlu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bom

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top