Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EARTH HOUR: Deddy Mizwar Beri 3 Wejangan ke Warga

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Deddy Mizwar menyampaikan tiga langkah dan ajakan kepada masyarakat terkait pelaksanaan Earth Hour 60+ tingkat Provinsi Jawa Barat, di halaman Gedung Sate Bandung, Sabtu (19/3/2016) malam.
Earth Hour/irishinbritain
Earth Hour/irishinbritain

Kabar24.com, BANDUNG - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Deddy Mizwar menyampaikan tiga langkah dan ajakan kepada masyarakat terkait pelaksanaan Earth Hour 60+ tingkat Provinsi Jawa Barat, di halaman Gedung Sate Bandung, Sabtu (19/3/2016) malam.

"Saya berharap untuk tahun 2016 ini pelaksanaan kegiatan Earth Hour akan semakin luas di seluruh lapisan masyarakat Jawa Barat. Untuk itu, saya mengajak masyarakat serta dunia usaha di Jawa Barat berpartisipasi dan melakukan tiga hal, sebagai wujud partisipasi kita pada kampanye Earth Hour," kata Deddy Mizwar.

Pertama, dirinya berpesan kepada seluruh masyarakat Jawa Barat untuk mematikan lampu dan seluruh peralatan elektronik yang tidak digunakan minimal satu jam setiap hari.

Kedua, mengganti lampu dengan lampu yang hemat energi dan kemudian yang ketiga ialah menyebarluaskan berbagai informasi tentang penghematan energi melalui jejaring sosial yang dimiliki.

"Jadi dalam hal ini juga kita harapkan bagaimana pelaku bisnis seperti developer menghimbau para penghuni di kawasannya untuk melakukan kegiatan Earth Hour ini. Barang kali di kawasan industri yang begitu banyak energi listrik juga melakukan kegiatan yang sama. Saya kira ini akan lebih besar efisiensinya dibandingkan tahun-tahun yang lalu," katanya.

Dia mengatakan di Jawa Barat sendiri pelaksanaan Earth Hour 2015 dipusatkan di Halaman Gedung Sate Kota Bandung dan diikuti secara serentak oleh 12 labupaten/kota yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kota Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara itu, pelaksanaan Earth Hour 2016 Tingkat Provinsi Jawa Barat dilaksanakan dan dipusatkan di Halaman Gedung Sate Kota Bandung dan diikuti secara serentak oleh 13 kabupaten/kota, yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kota Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Subang.

Diharapkan Earth Hour bukan sekedar mematikan lampu dan peralatan elektronik selama 1 jam, tapi lebih merupakan simbolisasi akan sebuah tindakan yang sederhana yang dilakukan oleh seseorang, yang berdampak sangat besar bagi perbaikan lingkungan bila dilakukan secara bersama-sama.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam Earth Hour tingkat Provinsi Jawa Barat, yang digelar di Halaman Gedung Sate pada Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan bahwa Earth Hour di Jawa Barat memberikan efisiensi penghematan listrik kurang lebih 60 MW pada 2012. Kemudian pada 2013 sebesar 70 MW, serta pada 2014 dan 2015 sebesar 80 MW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper