Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Karhutla: Riau Tetapkan Status Siaga Darurat

Riau menetapkan status siaga darurat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) sebagai upaya mempercepat pencegahan dan penanggulangan kebakaran.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, PEKANBARU--Pemprov Riau menetapkan status siaga darurat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) sebagai upaya mempercepat pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

"Beberapa kabupaten/kota di Riau sudah menetapkan siaga darurat kebakaran lahan, maka kita mengakomodirnya untuk disampaikan ke pusat," kata Pelakasna Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Posko Karlahut Pangkalan Udara Roesmin Nurjadi Pekanbaru, Senin.

Selain itu, status siaga darurat ini juga untuk mempercepat penanggulangan dan pencegahan kebakaran lahan.

Sebelumnya sebanyak enam daerah telah menetapkan status siaga darurat Karlahut. Ke enam daerah itu adalah Meranti, Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir, Siak dan Pelalawan. Sementara itu, khusus untuk status siaga darurat Karlahut Riau akan diterapkan selama tiga bulan mendatang.

Menurutnya, langkah tersebut diambil setelah mempertimbangkan sejumlah hal seperti prediksi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru yang menyatakan bahwa curah hujan wilayah utara Riau terus menipis.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan ditetapkannya status tersebut, selain memaksimalkan proses pemadaman juga dapat memaksimalkan upaya pencegahan termasuk sosialisasi ke masyarakat.

Menurutnya, Karlahut yang terjadi pada 2016 ini akibat dari minimnya sosialisasi ke masyarakat. Hal tersebut diamini oleh Panglima Daerah Militer I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Lodewyk Pusung yang turut hadir penetapan status siaga darurat Karlahut.

"Tidak ada titik api yang muncul karena terbakar. Pasti karena dibakar," tegasnya.

Untuk itu, ia menganggap bahwa Karlahut itu terjadi karena sosialisasi yang tidak sampai ke masyarakat. "Maka harus sosialisasi lagi," tegasnya.

Sejak pertengahan Februari 2016 lalu, sejumlah wilayah Riau bagian pesisir terus dilanda kebakaran lahan dan hutan. Hal tersebut dikarenakan wilayah tersebut memasuki musim kemarau lebih cepat dibandingkan Riau bagian selatan.

Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin mengatakan saat ini wilayah tersebut sangat minim curah hujan.

"Bahkan di Bengkalis, Dumai, Meranti, Rokan Hilir dan Siak bisa terjadi hari tanpa hujan selama 6-10 hari," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper