Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KRISIS POLITIK: Menteri Lingkungan Hidup Denmark Mundur

Menteri Lingkungan Hidup Denmark, Sabtu, mengundurkan diri dari jabatannya untuk mengakhiri krisis kepercayaan yang dapat mengancam tergulingnya Perdana Menteri Lars Lokke Rasmussen dari kubu tengah-kanan pemerintah minoritas.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Februari 2016  |  01:59 WIB
KRISIS POLITIK: Menteri Lingkungan Hidup Denmark Mundur
Menteri Lingkungan Hidup dan Pangan Denmark Eva Kjer Hansen - politiko.dk
Bagikan

Kabar24.com, KOPENHAGEN - Menteri Lingkungan Hidup Denmark mengundurkan diri dari jabatannya untuk mengakhiri krisis kepercayaan yang dapat mengancam tergulingnya Perdana Menteri Lars Lokke Rasmussen dari kubu tengah-kanan pemerintah minoritas.

"Hari ini saya menyampaikan kepada Perdana Menteri bahwa saya mundur dari jabatan sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Pangan," kata Eva Kjer Hansen, Sabtu (27/2/2016).

Pejabat perempuan tersebut mengaku tidak ingin "menghalangi" roda pemerintahan.

Partai Rakyat Konservatif (CPP) yang hanya memiliki enam kursi di parlemen, namun sangat mendukung pemerintah minoritas Rasmussen, Rabu (24/2), menebar ancaman akan menarik dukungannya jika perdana menteri tidak memecat Kjer Hansen.

Partai tersebut sudah tidak percaya lagi terhadap kementerian pimpinan Kjer Hansen yang menentang reformasi pertanian di Denmark. Namun Rasmussen menyatakan bahwa pihaknya belum memiliki persiapan untuk memecat menteri perempuan tersebut dan membiarkan pemerintahannya dalam ketidakpastian.

CPP menuduh Kjer Hansen memberikan informasi yang salah terhadap pemerintah tentang usulan paket regulasi pertanian yang mereka anggap menimbulkan konsekuensi serius terhadap lingkungan hidup.

Para penentang Hansen secara khusus menuduh dia mengarahkan lobi pertanian pada norma-norma tata kelola penggunaan pupuk dan mengenyampingkan cadangan air yang dapat meningkatkan polusi dari limpasan pertanian.

Dalam pernyataannya, Sabtu, Rasmussen menerima pengunduran diri Kjer Hansen "dengan sangat menyesal" dan segera menunjuk penggantinya setelah akhir pekan ini.

Para pengamat politik memandang pengunduran diri menteri tersebut merupakan kemenangan pemimpin CPP Soren Pape Poulsen. "Poulsen telah menang dalam pertandingan panco melawan Lokke," kata pengamat politik Anders Langballe saat diwawancarai TV2 News.

Negara yang berbatasan dengan Laut Baltik dan Laut Utara itu menganut monarki konstitusional dan sistem pemerintahan parlementer. Denmark memiliki satu pemerintah pusat, dan 98 munisipalitas sebagai pemerintah daerah.

Negara berpenduduk 5.668.743 jiwa itu menjadi anggota Uni Eropa sejak 1973, namun sampai sekarang masih belum bergabung dalam Eurozone. Denmark adalah salah satu pendiri NATO dan OECD. Denmark juga merupakan anggota dari OSCE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

denmark

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top