Awak Apollo 10 Mendengar Suara Musik di Balik Bulan

Para astronot pesawat antariksa Apollo 10 mengaku mendengar 'suara musik' yang misterius dari sisi bagian bulan yang gelap.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 24 Februari 2016  |  11:52 WIB
Awak Apollo 10 Mendengar Suara Musik di Balik Bulan
Apollo 10 - ilustrasi
Bisnis.com, JAKARTA--Para astronot pesawat antariksa Apollo 10 mengaku mendengar 'suara musik' yang misterius dari sisi bagian bulan yang gelap.
Kendati demikian, mereka tidak tahu pasti apakah mendengar bunyi dan kebingungan apakah benar ada musik yang datang dari bagian belakang bulan.
 
Mereka bisa mendengar dengung musik 'jenis bunyi luar angkasa' saat mereka melintasi bagian belakang bulan pada akhir tahun 1960-an. Mereka pun khawatir tidak seorang pun yang akan mempercayai mereka.
 
Suara-suara itu mulai muncul setelah kapsul Apollo 10 itu melintasi bulan selama 60 menit dan pesawat ulang alik itu berada di sisi terjauh bumi.
Kisah itu diungkapkan menjelang pemutaran seri Nasa's Unexplain Files di saluran televisi Amerika, Science Channel sebagimana dikutip BBC.co.uk, Rabu (24/2/2016)
 
Dalam dokumenter ini terdengar para astronot, Eugene Cernan dan John Young mengatakan, "Kalian dengar itu? Suara siulan?"
Astronot lainnya menimpali, "Jelas itu musik yang janggal."
 
Suara itu muncul selama hampir satu jam dan terekam, namun NASA menggolongkannya sebagai berkas rahasia, dan baru merilis rekaman itu hingga tahun 2008.
Peristiwa itu terjadi pada tahun 1969 ketika Apollo 10 mengorbit bulan.
 
Program televisi yang akan diputar itu membahas berbagai hal yang mungkin menyebabkan suara-suara aneh itu, termasuk kemungkinan gangguan radio akibat medan magnet di atmosfer. Bagaimanapun, bulan tidak memiliki medan magnet dan tak memiliki cukup atmosfer untuk menghasilkan suara-suara itu.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bulan

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup