Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Rancangan Pembangunan Wisata Danau Toba

Pemerintah menyatakan ingin all-out dalam mendukung 10 destinasi utama wisata untuk mendukung terciptanya Bali Baru dalam lima tahun ke depan.
Danau Toba/ Indonesia Travel
Danau Toba/ Indonesia Travel

Kabar24.com, JAKARTA – Pemerintah menyatakan ingin all-out dalam mendukung 10 destinasi utama wisata untuk mendukung terciptanya “Bali Baru” dalam lima tahun ke depan.

Rizal Ramli, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya mengatakan sejumlah Kementerian terkait telah memberikan komitmennya untuk pembangunan salah satu destinasi wisata, yakni Danau Toba.

“Kami ingin Danau Toba ini nantinya menjadi “Monaco of Asia”,” katanya, di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa, (2/2/2016).

Nantinya, dia menjabarkan akan dibuat jalan lingkar dalam Pulau Samosir, jalan lingkar luar Samosir, jalan raya Kualanamu-Parapat.

Dalam 4 tahun lagi, dia merencanakan membuat jalan Raya menuju Sibolga agar turis memiliki pilihan untuk mengunjung tempat wisata lainnya.

Selain itu, Rizal mengatakan Kementerian Perhubungan telah memberikan komitmennya untuk menyiapkan ferry sebesar 300 gross ton dalam mendukung program ini.

Selain itu, dia mengatakan telah meminta kesiapan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) untuk memperluas wilayah Tano Tonggol, sehingga kapal wisata bisa melewati pulau kecil yang menyimpit di sekitar Toba.

Adapun, dia mengatakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehuatan bakal menyiapkan 500 ha tanah akan dihijaukan untuk eco-tourism guna menjadi tempat wisata selain untuk pengelolaan lestari.

Selain memajukan wilayah Danau Toba, Rizal mengatakan pemerintah juga menginginkan 7 Kabupaten di sekitar Danau Toba turut menikmati manfaat, dengan menyediakan hasil sumber daya indikasi geografis dari masing-masing tempat.

Seperti diketahui, Pemerintah menetapkan Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Bromo, Borobudur, Mandalika, Wakatobi, Morotai dan Pulau Komodo sebagai destinasi wisata baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper