Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lumpur Lapindo: Korban Lumpur Terima Sertifikat Rumah

Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan menyerahkan sertifikat rumah untuk korban lumpur Lapindo yang tinggal di Perumahan Kahuripan Nirwana Village (KNV), Sidoarjo, Jawa Timur.
Ferry Mursyidan Baldan/BISNIS
Ferry Mursyidan Baldan/BISNIS

Kabar24.com, SIDOARJO - Para korban lumpur Lapindo hari ini menerima sertifikat atas rumah mereka.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan menyerahkan sertifikat rumah untuk korban lumpur Lapindo yang tinggal di Perumahan Kahuripan Nirwana Village (KNV), Sidoarjo, Jawa Timur.

"Ini adalah kewajiban negara untuk memastikan kehadiran negara dalam masalah pertanahan," kata Fery saat memberikan sambutan pada acara penyerahan sertifikat di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (20/1/2016).

Ia mengemukakan ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjadikan tempat tinggal sebagai surga yaitu adanya kepastian atas tanah yang ditempati.

"Kepastian atas tanah supaya tidak terusik itulah harus didasari dengan sertifikat sebagai penguatan. Karena pada 2016 ini kami ingin menegaskan akan kemanfaatan tanah," katanya.

Ferry mengemukakan tanah itu juga menjadi salah satu kemampuan penguatan ekonomi dan negara harus hadir dalam memanfaatkan tanah demi kemakmuran masyarakat.

"Beberapa waktu lalu saya membaca berita dan melihat ada permasalahan sertifikat. Saat itu juga saya menghubungi BPN Sidoarjo untuk melaporkan masalah supaya disegerakan penyelesaiannya," katanya.

Dalam laporan tersebut, BPN Sidoarjo bisa berkreasi dan berjanji bisa menyelesaikan masalah sertifikat tersebut dalam dua pekan.

"Dan sesuai janji saya waktu itu, saya sendiri yang akan memberikan sertifikat tersebut kepada warga di Sidoarjo ini," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan sebanyak 493 sertifikat rumah kepada korban lumpur Lapindo.

Dengan penyerahan itu, sertifikat rumah yang sudah diserahkan ke warga hanya menyisakan 226 dari total 1.869 sertifikat.

Sementara itu, Yoni Joko Sugiarto, korban lumpur asal Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin, yang sejak 2010 menempati rumah di KNV mengaku senang dengan penyerahan sertifikat rumahnya itu.

"Alhamdulillah setelah bertahun-tahun menunggu. Kami berharap sertifikat warga lainnya segara diberikan," katanya senang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper