Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Pimpinan Koran Ekonomi di China Dipenjara

Pengadilan Shanghai memberikan putusan penjara kepada mantan pimpinan grup media ekonomi terkenal di China karena kasus korupsi.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Pengadilan Shanghai memberikan putusan penjara kepada mantan pimpinan grup media ekonomi terkenal di China karena kasus korupsi.

Shen Hao, yang sebelumnya menjabat sebagai pimpinan grup koran dan website ekonomi bernama 21st Century, dihukum karena terbukti melakukan pemerasan dan suap.

Dikutip dari BBC News, (24/12/2015), Hao dikenai hukuman empat tahun penjara dan denda 60 ribu yuan atau setara dengan US$ 9.500.

Salah satu pernyataan microblog dari pengadilan Shanghai Pudong New District menyatakan Shen melakukan kejahatan berupa pemerasan, transaksi yang bersifat memaksa, penggelapan dan gratifikasi.

Sebelumnya, sejumlah wartawan dan jajaran direksi 21st Century telah ditangkap dan dituduh menuntut pembayaran dari bisnis untuk publikasi yang menguntungkan.

21st Century merupakan pemilik dari koran 21st Century Business Herald yang dikenal memberitakan pelaporan agresif terhadap dunia keuangan. Saat ini, media tersebut ditutup pascapenangkapan.

Belakangan ini, terjadi kasus kekerasan dan korupsi di China, termasuk di sektor keuangan dan industri media massa. Sebelumnya, Chief Financial Officer group Le Bing juga dihukum karena penggelapan dan diberi hukuman percobaan dua tahun.

Praktek membayar wartawan untuk keuntungan sejumlah pihak semakin meluas di Negeri Tirai Bambu.

Namun, penangkapan menimbulkan kekhawatiran dari otoritas dan sejumlah pihak bahwa penegak keamanan menggunakan tindakan keras untuk membungkam legitimasi jurnalisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Sumber : BBC News
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper