Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Gambir Ikut Amankan Gereja Immanuel

Tidak hanya pihak kepolisian saja yang ikut menjaga keamanan saat beribadah di Gereja Immanuel, Jakarta.
/Bisnis.com
/Bisnis.com

Kabar24.com, JAKARTA -- Tidak hanya pihak kepolisian saja yang ikut menjaga keamanan saat beribadah di Gereja Immanuel, Jakarta.

Selain mereka, warga dari RT 005 RW 01 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir ikut meramaikan suasana di gereja.

Ivan selaku ketua RT 005 mengatakan partisipasi dari warga secara rutin dilakukan demi meramaikan perayaan hari raya. Salah satunya dengan inisiatif menjadi petugas menjaga kebersihan.

"Hampir di semua perayaan keagamaan kami turut bantu menjaga kebersihan. Seperti di masjid dan gereja. Terlebih Gereja Immanuel ini adalah cagar budaya Jakarta. Dimana tugas kami sebagai warga Jakarta untuk menjaga keasriannya," kata dia kepada Bisnis.com, Kamis (24/24).

Dia melanjutkan, warga secara inisiatif menambahkan unit tempat sampah yang disediakan sepanjang lingkungan gereja. Juga, menambahkan lampu penerangan agar akses menuju pintu gereja terlihat jelas.

Sekadar info saja, Gereja Immanuel termasuk cagar budaya Jakarta. Gereja ini dibangun saat masa penjajahan Belanda tahun 1834. Saat gereja diresmikan, nama awalnya adalah WILLEMSKERK.

Sekretaris Gereja Immanuel Desi Sumoal mengungkapkan untuk melestarikan sejarah, pihak gereja mengadakan sesi ibadah yang menggunakan bahasa Belanda sebagai pengantarnya.

Biasanya sesi tersebut dilakukan pada hari Minggu jam 10.00 WIB. Untuk perayaan Natal esok hari, 25 Desember 2015, sesi ibadah dalam bahasa Belanda tetap diadakan seperti biasa.

"Setahu saya sepertinya hanya di Immanuel yang masih memakai bahasa Belanda sebagai salah satu bahasa pengantar dalam kebaktian di gereja wilayah Jakarta," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Marsya Nabila
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper