Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Gabah di Banten Naik Lebih 5%

Provinsi Banten mengalami penurunan harga gabah pada November dibandingkan dengan bulan sebelumnya untuk gabah kualitas rendah, sedangkan gabah kering giling dan kering panen meningkat.
Petani membersihkan gabah/Antara
Petani membersihkan gabah/Antara

Bisnis.com, TANGERANG--Provinsi Banten mengalami penurunan harga gabah pada November dibandingkan dengan bulan sebelumnya untuk gabah kualitas rendah, sedangkan gabah kering giling dan kering panen meningkat.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten Syech Suhaimi menyatakan harga gabah kering giling (GKG) naik 5,18% dan gabah kering panen (GKP) 5,68%. Tapi gabah kualitas rendah harganya turun 1,48%.

"Survei harga gabah itu berasal dari observasi terhadap Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lebak," ucapnya dalam data paparan harga gabah Banten pada November, Rabu (16/12/2015).

Rerata harga gabah pada bulan lalu di tingkat penggilingan Rp5.571 per kilogram untuk kualitas GKG. Untuk Gabah kualitas GKP harganya sekitar Rp5.517 per kilogram, sedangkan gabah kualitas rendah rerata Rp4.875 per kilogram.

Adapun perincian harga terendah dan tertinggi untuk masing-masing kualitas a.l. harga GKG terendah ditemukan di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak Rp5.000 per kg sedangkan tertinggi Rp6.000 per kg di Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak.

Untuk GKP harga paling minim Rp4.300 per kg terdapat di Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang. Harga yang tertinggi, imbuh Suhaimi, senilai Rp5.950 di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang.

Sementara gabah kualitas rendah paling murah di Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang Rp4.500 per kg. Adapun yang paling mahal ditemukan di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang seharga Rp4.800 per kg.

Untuk rata-rata komponen mutu, tutur Suhaimi, yang terdiri dari kadar air dan kadar hampa/kotoran perinciannya a.l. GKG kadar airnya 13,21% dan kadar hampa 2,64%. Gabah kualitas GKP kadar airnya 13,28% dengan kadar hampa 6,79%. Adapun kualitas rendah kadar air 20,05% dan kadar hamba 12,60%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper