Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dongeng Dapat Tingkatkan Imajinasi Pendengar

Azis Franklin, pendongeng asal kota Malang mengatakan dongeng memiliki kekuatan lebih dibanding tayangan TV karena dapat meningkatkan imajinasi pendengar melalui cerita yang disampaikan.
Ilustrasi/mobilecause.com
Ilustrasi/mobilecause.com

Bisnis.com, JAKARTA --  Azis Franklin, pendongeng asal kota Malang, mengatakan  dongeng memiliki kekuatan lebih dibanding tayangan TV karena dapat meningkatkan imajinasi pendengar melalui cerita yang disampaikan.

“Pendongeng  hanya perlu menggali kreativitas seperti menyesuaikan intonasi suara berdasarkan karakter dalam cerita dan penggambaran sehingga pendengar akan merasa senang,”  kata Aziz pada acara edukasi story telling untuk generasi muda di SMU Highscope Jakarta Selatan, Rabu (16/12/2015).

Program edukasi tersebut  juga memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berkarir  melalui kompetisi mading.

Dari sisi komunikasi, kata pendongeng Kandi Windoe, seni bertutur merupakan seni dalam berkomunikasi.

Pesan yang akan disampaikan berupa perpaduan dari dongeng dan seni rupa atau peraga visual.

Sementara mading merupakan salah satu media komunikasi massa yang biasanya memiliki konten tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya yang disusun secara variatif dan harmonis sehingga terlihat menarik.

“Lomba bertutur lewat mading ini memadukan berbagai ilmu mulai dari komunikasi, seni dan sosial ke dalam sebuah aktifitas yang kreatif. Nilai-nilai seperti team work (kerjasama), komunikasi, apresiatif lewat karya dan tulisan, adalah nilai-nilai edukatif yang dikembangkan melalui kegiatan lomba ini,” ujarnya.

“SMU Highscope sangat mendukung kerjasama dengan pihak Kotex dalam menyelenggarakan kegiatan yang berkualitas ini sehingga anak didik Highscope Indonesia dapat bertambah ilmu tentang seni bertutur baik dari sisi teori dan juga praktik," kata Callie R. Mackenzie, Highscope High School Principal, TB Simatupang.

Ia menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk menunjukkan sisi kreatif mereka baik dalam berkreasi melalui mading dan berkarya melalui media fotografi, video dan karya tulis,”  kata Callie R. Mackenzie, Highscope High School Principal, TB Simatupang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper